Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Investree, Amar Bank Bidik Penyaluran Kredit UMKM

Kompas.com - 27/06/2023, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mendorong penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) atau Amar Bank menjalin kerja sama dengan platform financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending Investree.

Direktur SME, Korporasi, dan Operasional Amar Bank Eka Banyuaji mengatakan, total kredit aktif Amar Bank hingga kuartal pertama 2023 adalah sebesar Rp 2,4 triliun, yang didukung oleh kerja sama dengan platform digital, termasuk Investree.

"Pertumbuhan portofolio kredit juga baik. Kami juga mengutamakan prinsip kehati-hatian dalam menjangkau nasabah," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (27/6/2023).

Baca juga: Ditopang Kinerja Tunaiku, Kredit Amar Bank Tumbuh 10 Persen

Tak hanya Investree, produk Amar Bank, yaitu Tunaiku, yang memfasilitasi pinjaman lebih mudah bagi UMKM juga turut mendorong kinerja perseroan, terutama dalam memperkuat penetrasi ke pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Eka mengatakan, kolaborasi yang dilakukan Amar Bank dengan platform digital seperti Investree bertujuan untuk menjangkau lebih banyak nasabah dan sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Amar Bank juga akan terus menggaet kerja sama dengan platform digital lainnya guna menjangkau lebih banyak debitur yang selama ini belum tersentuh oleh Amar Bank.

Baca juga: Amar Bank Bukukan Laba Bersih Rp 34,43 Miliar pada Kuartal I-2023

 


Ristet Reliance memperkirakan pertumbuhan pinjaman Bank Amar akan tumbuh sebesar 18,2 persen di tahun 2023, terutama didorong oleh potensi produk Amar Bank, yaitu Tunaiku, dan kolaborasinya dengan platform financial technology Investree yang memfasilitasi pinjaman lebih mudah bagi UMKM.

"AMAR diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pinjaman yang moderat dan penurunan yang signifikan pada rasio biaya terhadap pendapatan (cost to income ratio) melalui transformasi digital," tulis Reliance dalam risetnya.

Baca juga: Hentikan Operasional Usaha Syariah, Investree Fokus Spin Off

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com