Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amar Bank Bukukan Laba Bersih Rp 34,43 Miliar pada Kuartal I-2023

Kompas.com - 18/04/2023, 21:30 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Amar Indonesia Tbk mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal pertama 2023. Hal ini tecermin dari laba bersih yang dibukukan perusahaan.

Berdasarkan dokumen keuangan perusahaan, Amar Bank membukukan laba bersih sebesar Rp 34,43 miliar pada periode 3 bulan pertama tahun ini. Realisasi Laba bersih Amar Bank ini berbanding terbalik dari periode yang sama tahun lalu, di mana Amar Bank mencatat rugi Rp 8,80 miliar.

Laba bersih Amar Bank itu merupakan hasil dari pendapatan bunga bersih Amar Bank yang meningkat menjadi Rp 190,64 miliar. Kemudian, pendapatan operasional lain turut terkerek menjadi Rp 93,09 miliar.

Baca juga: Laba Bersih BNI Tumbuh 31,8 Persen Jadi Rp 5,2 Triliun di Kuartal I-2023

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, pertumbuhan itu merupakan hasil dari pemenuhan modal inti sebesar Rp 1 triliun yang telah dilakukan perusahaan. Modal inti itu menjadi fondasi yang kuat bagi operasional perusahaan.

"Ini merupakan langkah ke depan yang positif bagi Amar Bank untuk mempertahankan momentum profitabilitas yang lebih kuat," kata dia, dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Bank Mandiri Cetak Laba Bersih Rp 12,6 Triliun pada Kuartal I-2023

Selain itu, total aset Amar Bank turut meningkat 5,73 persen dari kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini hasil dari kenaikan penyaluran kredit sebesar 6,16 persen menjadi Rp 2,4 triliun.

Dari sisi pendanaan, dana pihak ketiga (DPK) Amar Bank meningkat 20,70 persen secara kuartalan. Lalu, giro dan tabungan perusahaan meningkat 4,39 persen.

"Seiring dengan pemulihan ekonomi di Indonesia, Amar Bank terus berkomitmen untuk mempertahankan kinerja positif menyediakan layanan keuangan digital inovatif," ucap SVP Finance Amar Bank, David Wirawan.

Baca juga: Citibank Indonesia Catat Pertumbuhan Laba Bersih 28 Persen pada 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com