Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pendaftaran Peserta Uji Coba LRT Jabodebek Dibuka 1 Juli Kuota 200 Orang Per Hari

Kompas.com - 28/06/2023, 16:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran peserta untuk ikut uji coba LRT Jabodebek pada 12 Juli-17 Agustus 2023 akan mulai dibuka pada 1 Juli 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi mengatakan, link pendaftaran uji coba LRT Jabodebek akan dibagikan di akun media sosial resmi LRT Jabodebek.

Oleh karenanya, bagi masyarakat yang berminat mengikuti uji coba LRT Jabodebek dapat mengecek akun media sosial LRT Jabodebek secara berkala mulai 1 Juli mendatang.

Namun, Purnomo masih belum dapat memastikan seperti apa mekanisme pendaftaran dan kriteria peserta uji coba lantaran masih dikaji oleh para pemangku kepentingan.

"Kemungkinan tanggal 1 (Juli 2023). Kita lagi menyusun skemanya," ujarnya saat ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (27/6/2023).

Baca juga: Wamen BUMN: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023

Meski masih belum pasti, dia memperkirakan kuota peserta uji coba LRT Jabodebek yang berlangsung 12 Juli-17 Agustus akan sebanyak 150-200 orang per hari.

"Nanti bisa daftar lewat medsos ya. Ini kami lagi susun bagaimana mekanisme pendaftaran dan pembatasan orang. Kira-kira ini 150-200 orang lah, per hari. Sampai 18 Agustus kan," ungkapnya.

Uji coba LRT Jabodebek ini dilakukan sebelum beroperasi secara berbayar pada 18 Agustus 2023. Nantinya LRT Jabodebek ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: LRT Jabodebek Targetkan Angkut Penumpang 137.000 Per Hari


Sebagai informasi, pada uji coba LRT Jabodebek ini peserta akan dikenakan tarif Rp 1 dimana pembayaran akan menggunakan kartu multi trip (KMT) dan kartu uang elektronik (e-money).

Adapun nantinya para peserta soft launching LRT Jabodebek akan diberangkatkan di tiga titik keberangkatan, yaitu Stasiun Harjamukti di Depok, Stasiun Jatimulya di Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com