Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Layanan Juragan Doku untuk UMKM

Kompas.com - 03/07/2023, 22:00 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Doku, salah satu platform pembayaran, meluncurkan layanan Juragan Doku yang merupakan sebuah inisiatif baru untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia.

CEO Doku Chris Yeo menuturkan, dengan layanan tersebut menjadi salah satu wujud transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan.

“Juragan Doku merupakan inisiatif kami untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu kami melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Lebih lanjut dia menuturkan Juragan Doku, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers.

Baca juga: Cara Daftar Jadi Juragan Doku untuk UMKM

Menurut dia social seller menjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini dan akan dikembangkan terus hingga berencana memberikan penyaluran pinjaman.

"Melalui Juragan Doku kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran," katanya.

Dia menambahkan, inisiatif Juragan Doku menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout.

Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan Doku yang tersedia di Play Store dan Apple Store), Doku juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Sementara Head of SME Doku, Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur untuk menerima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan Doku untuk digitalisasi UMKM Indonesia.

Baca juga: Wamen BUMN: BBM Pertamax Green 95 Dibanderol Sekitar Rp 13.200 Per Liter

"Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki Doku sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," tuturnya.

Angga juga mengatakan, sejak perusahaanya memperkenalkan Juragan Doku sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan.

"Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa," katanya.

Angga membeberkan beberapa manfaat dari masing-masing fitur unggulan di aplikasi Juragan Doku yakni pertama Instant Checkout yang merupakan transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout.

Lewat layanan ini pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.

Lalu ada fitur Payment Link yang mana pelanggan bisa menerima beragam cara pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. "Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah," jelasnya.

Dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, Doku telah melayani lebih dari 150.000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet.

Baca juga: Di Tengah Ketidakpastian Global, Indonesia Kembali Jadi Negara Berpendapatan Menengah Atas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com