Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Bank Mandiri Dukung Pekerja Migran Berdikari

Kompas.com - 10/07/2023, 12:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan perseroan berkomitmen untuk mendukung pekerja migran Indonesia (PMI) naik kelas menjadi wirausaha, sehingga mampu mewujudkan kemandirian ekonomi.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, komitmen itu dilakukan perseroan melalui program pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan bertajuk Mandiri Sahabatku (MS).

"Kegiatan ini memiliki serangkaian program mulai dari pembekalan dasar finansial, pembinaan keuangan pribadi, hingga pembinaan dan pelatihan terkait kewirausahaan untuk PMI yang hendak membuka usaha ataupun yang sudah punya usaha," tutur dia dalam keterangannya, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di BNI hingga Bank Mandiri

Lebih lanjut ia menjelaskan, program pelatihan telah dilaksanakan pada 2022-2023 secara online dan offline dengan total partisipan 2.312 PMI yang tersebar di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dan penutupan di Hong Kong.

Menurutnya, program itu sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar bank-bank milik negara (Himbara) terus mendukung para PMI.

PMI dinilai perlu segera memiliki budaya menabung dan memiliki keinginan untuk belajar berwirausaha, terutama mereka yang ingin kembali ke Tanah Air.

Program pendampingan kewirausahaan PMI Bank Mandiri diakhiri dengan beberapa kompetisi yang memberikan hadiah uang guna mengasah hasil pelatihan dan memberikan apresiasi kepada PMI.

Baca juga: Lewat Livin’, Bank Mandiri Bidik Potensi Transaksi Digital di Hong Kong

Hasilnya, lima PMI tampil sebagai jawara di dua kategori berbeda serta berhasil memperoleh pendanaan dari Bank Mandiri senilai total 9.000 dollar Hong Kong.

"Pendanaan ini juga bisa menjadi motivasi bagi PMI untuk terus mengembangkan skill kewirausahaannya," ucap Darmawan.

Sebagai informasi, sejak 2011 program tahunan "Mandiri Sahabatku" telah merangkul lebih dari 17.000 PMI dari berbagai latar belakang dan kalangan di sejumlah negara, yakni di Malaysia, Singapura, Hongkong, Korea Selatan, Jepang dan Timur Tengah.

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2, Simak Persyaratannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com