Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantian Data Inflasi Jadi Sentimen Pasar, Wall Street Berakhir di Zona Hijau

Kompas.com - 12/07/2023, 08:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham AS atau Wall Street ditutup di zona hijau pada akhir perdagangan Selasa (11/7/2023) waktu setempat. Pasar masih dibayangi data inflasi yang akan diumumkan pekan ini.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 317,02 poin, atau 0,93 persen, ditutup pada 34.261,42. S&P 500 menguat 0,67 persen, dan berakhir pada posisi 4.439,26. Nasdaq Komposit menguat 0,55 persen, menjadi 13.760,70.

Saham Salesforce naik hampir 4 persen setelah perusahaan mengumumkan akan menaikkan harga secara keseluruhan pada bulan Agustus. Saham Activision Blizzard melonjak 10 persen usai hakim federal menolak permintaan Federal Trade Commission.

Baca juga: Ditopang Kinerja Keuangan, Simak Analisis dan Rekomendasi Saham PGEO

Federal Trade Commission mengajukan perintah awal agar Microsoft berhenti untuk mengakuisisi perusahaan video game tersebut. Keputusan itu berarti, kedua perusahaan semakin dekat untuk menyelesaikan kesepakatan mereka.

Laporan indeks harga konsumen (IHK) Juni akan dirilis pada Rabu, serta indeks harga produsen Juni yang akan dirilis Kamis pekan ini, akan menunjukkan apakah penurunan inflasi terus berlanjut. Hal tersebut akan menjadi arah ketetapan suku bunga The Fed di masa mendatang.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan IHK akan naik 3,1 persen bulan lalu dari tahun ke tahun. Investor juga memperkirakan kenaikan seperempat poin lainnya pada pertemuan Federal Reserve pada 25-26 Juli mendatang.

Baca juga: Resmi Melantai di BEI, Saham Distributor Coca-Cola Ini Langsung ARB

Tetapi investor ragu-ragu tentang apa yang akan dilakukan bank sentral, setelah data pekerjaan yang kuat pada pekan lalu menimbulkan kekhawatiran bahwa pembuat kebijakan akan kembali menaikkan suku bunga setelah jeda bulan Juni.

“Saya pikir, investor akan melihat bukti lebih lanjut bahwa inflasi yang diukur CPI terus menurun. Sebagian dari itu, karena dampak Covid-19, dan kekhawatiran The Fed mengenai upah pekerja. Saya pikir akan ada resesi, karena Fed akan terus berjalan,” kata kepala investasi di Northwestern Mutual Wealth Management Company Brent Schutte, mengutip CNBC.

Musim pendapatan kuartal kedua dimulai akhir pekan ini yang dimulai dari laporan pendapatan JPMorgan Chase, Wells Fargo, Citigroup, serta BlackRock. Kemudian, kinerja kuartal II-2023 akan dilanjutkan oleh PepsiCo, dan Delta Air.

Baca juga: Resmi IPO, Harga Saham TGUK Tembus ARA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com