Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Mobil Tangki, Elnusa Gelontorkan Modal Rp 200 Miliar

Kompas.com - 12/07/2023, 12:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Tbk atau Elnusa (ELSA) menggelontorkan dana Rp 200 miliar untuk menambah armada mobil tangki tahun ini. Sementara besaran belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan tahun ini sebesar Rp 500 miliar.

Armada Mobil Tangki sendiri merupakan salah satu core bisnis Elnusa pada jasa distribusi & logistik energi.

“Sebagai bagian dari komitmen kami dalam memastikan distribusi energi yang efisien dan handal di seluruh Indonesia, Elnusa secara rutin setiap tahunnya melakukan investasi dengan menambah armada Mobil Tangki baru maupun mengganti asset Mobil Tangki yang sudah habis masa pakainya dalam kurun waktu 10 tahun," kata Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora melalui keterangan pers, Rabu (12/7/2023).

"Armada tersebut kami yakini akan memperkuat kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan yang terus meningkat pada jasa distribusi dan logistik energi di seluruh negeri,” tambah John.

Baca juga: Peluang Pasar Migas Masih Besar, Elnusa Tingkatkan Kapasitas Bisnis Hulu

Dikelola dan dioperasikan anak usaha

Penambahan armada Mobil Tangki ini akan dikelola oleh anak usaha Elnusa yakni PT Elnusa Petrofin (EPN) dan akan dioperasikan di wilayah operasi Pertamina pada berbagai area seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

PT Elnusa Petrofin (EPN) per semester I 2023 mengelola mengelola sekitar 1.800 unit Mobil Tangki dan memiliki 665 unit Mobil Tangki asset (untuk BBM, LPG dan Avtur).

Realisasi dari investasi Mobil Tangki ini akan dilakukan secara bertahap mulai Juni- Desember 2023.

Melalui investasi ini Elnusa menargetkan untuk memperoleh kontrak jangka panjang pada pengelolaan transportasi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca juga: Dukung Produksi Minyak 1 Juta Barrel, Elnusa Petrofin dan SNF SAS Sepakati Kerja Sama Distribusi Eksklusif

Bisnis logistik Elnusa

Selain itu, atas pembelanjaan modal ini juga mencerminkan dedikasi Elnusa yang terus mendukung dan memperkuat infrastruktur energi dengan meningkatkan kemampuan logistiknya yang pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan rantai pasokan energi serta mendukung agenda pembangunan negara dan mendorong kemajuan bisnis yang berkelanjutan.

“Ke depannya Elnusa akan terus adaptif, sehingga tidak menutup kemungkinan kami juga akan melakukan pengembangan investasi untuk angkutan non-BBM.” tutup John.

Baca juga: Elnusa Tebar Dividen Rp 189 Miliar, 50 Persen dari Laba Bersih 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com