Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub dan Dirut KAI Memulai Uji Coba Perdana LRT Jabodebek

Kompas.com - 12/07/2023, 13:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo memulai uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek yang perdana dilakukan hari ini, Rabu (12/7/2023).

Uji coba perdana ini dimulai pukul 10.00 WIB dengan rute Stasiun LRT Harjamukti di Cibubur menuju Stasiun LRT Dukuh Atas. Adapun waktu tempuh dari kedua stasiun tersebut pada uji coba ini sekitar 52 menit.

Menhub mengatakan, dengan hadirnya LRT Jabodebek akan menambah deretan angkutan umum massal yang terintegrasi di DKI Jakarta dan kawasan sekitarnya.

"Ini adalah satu upaya Pak Jokowi sejak jadi gubernur merencanakan MRT lalu memberikan kesempatan kita untuk membuat LRT," ujarnya saat membuka uji coba LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Depok, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Begini Rasanya Ikut Uji Coba LRT Jabodebek

Uji coba operasional terbatas akan dilakukan bertahap

Uji coba operasional terbatas ini dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama 12-26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. 

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Dia menjelaskan, uji coba LRT Jabodebek ini dilaksanakan dalam dua tahap karena untuk memastikan aspek keamanan. Diharapkan saat diujicobakan untuk masyarakat umum, LRT Jabodebek sudah lebih siap dari segala sisi.

"Safety adalah satu hal yang paling penting dalam kegiatan transportasi, makanya dalam hal ini secara khusus kita sebut uji coba terbatas. Kami, Dirjen KA, dan teman-teman memutuskan uji coba secara bertahap. Diharapkan 27 Juli sudah lebih mapan, akan kita tingkatkan. Itu tak lain upaya kita untuk melaksanakan kegiatan dengan baik," jelasnya.

Setelah uji coba operasional terbatas ini berhasil dilakukan, LRT Jabodebek sudah dapat beroperasi secara penuh dan berbayar. Rencananya pengoperasian penuh ini akan dilakukan 18 Agustus 2023.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Dimulai Hari Ini, tapi Bukan untuk Masyarakat Umum

Dirut KAI: LRT Jabodebek akan jadi andalan baru 

Pada kesempatan yang sama, Dirut KAI menyebut, proyek LRT Jabodebek tahap 1 ini terbagi dalam tiga lintas pelayanan, yaitu Stasiun Cawang-Stasiun Harjamukti yang merupakan lintas pelayanan 1 sepanjang 14,89 kilometer.

Kemudian, lintas pelayanan 2 Stasiun Cawang-Stasiun Dukuh Atas sepanjang 11,05 km dan lintas pelayanan 3 yaitu Stasiun Cawang-Stasiun Jati Mulya di Bekasi Timur sepanjang 18,49 km.

"LRT Jabodebek akan menjadi andalan baru masyarakat untuk bertransportasi untuk kawasan Bogor, Depok, dan Bekasi menuju ibukota dan sebaliknya," kata Didiek.

Untuk mengakomodir kebutuhan mobilisasi masyarakat, ketuga lintas pelayanan tersebut terdapat 18 stasiun pemberhentian LRT Jabodebek.

Baca juga: Masyarakat Umum Bisa Naik LRT Jabodebek Mulai 15 Agustus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com