Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Awal Agustus Ini Kita Mulai Ekspor Bawang Merah

Kompas.com - 29/07/2023, 20:22 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian menargetkan ekspor bawang merah ke Vietnam, Singapura hingga Thailand pada Agustus 2023.

Menurut dia, saat Indonesia surplus bawang merah, sedangkan negara di dunia lainya tengah dilanda cuaca ekstrem El Nino.

"Kita awal Agustus ini sudah mulai ekspor dan kita akan kembangkan terus produksinya di berbagai provinsi lain. Selain itu kita mengawal pelatihan petani milenial agar membangun pertanian secara bersama-sama," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam siaran persnya, Sabtu (29/7/2023).

Baca juga: Saat DPR Cecar Bapanas soal Mafia Impor Bawang Putih

Lebih lanjut Mentan SYL menuturkan, guna memastikan ketersedian stok di tengah El Nino, semua pihak termasuk pemerintah daerah wajib turun langsung dan memperkuat produksi yang ada.

Pihaknya pun tengah melakukan penanaman bawang merah di Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

"Di Bangli ini posisi bawang merah harus diperkuat karena memiliki potensi ekspor dan pemenuhan dalam negeri. Bangli masih punya 1.000 hektar lebih untuk penanaman. Oleh karena itu posisi ini harus diperkuat," ujar SYL

Sementara itu Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan, upaya kementan dalam memenuhi produksi bawang merah terus dilakukan melalui penyediaan benih unggul, alsintan hingga akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian.

"Semua bantuan dan pendampingan ini kami terus lakukan di berbagai daerah. Kita bersyukur karena produksi kita dari tahun ke tahun terus meningkat," jelasnya.

Baca juga: BPS Ungkap Alasan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com