Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Naik tapi Enggak Bisa Menabung? Simak 6 Tips Ini biar Tabungan "Menggunung"

Kompas.com - 03/08/2023, 06:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menabung adalah kegiatan untuk mewujudkan rencana-rencana besar di masa depan. Tak hanya "rajin menabung pangkal kaya", kegiatan menabung juga untuk aneka kebutuhan, seperti membayar biaya pendidikan, membeli hunian, liburan, dan tujuan ibadah. 

Namun, beberapa orang menganggap menabung menjadi kegiatan yang cukup sulit dilaksanakan. Sebab, peningkatakan pendapatan ataupun gaji sering kali diiringi dengan peningkatan pengeluaran. Hal tersebut membuat tabungan Anda berpotensi stagnan, terkuras, bahkan bisa minus.

Lantas, bagaimana agar tabungan bisa terus bertambah?

Baca juga: Hadapi Resesi 2023, Simak Cara Meracik Dana Darurat agar Tetap Tenang

 

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat 6 tips agar tabungan anda terus bertambah, sebagai berikut:

1. Tentukan besaran tabungan bulanan

Menabung harus disiplin agar menjadi sebuah kebiasaan. Cobalah untuk menentukan besaran tabungan yang akan Anda sisihkan setiap bulannya, mulailah dari angka yang paling kecil.

2. Simpan tabungan di rekening yang berbeda

Penting untuk membagi pemasukan dalam beberapa pos salah satunya pos tabungan. Jangan mencoba menggabungkan wadah pos tabungan dengan pos-pos lainnya dalam satu rekening, terutama pos belanja harian. Bukalah rekening baru khusus untuk menyimpan tabungan Anda.

Baca juga: Bank Tempat Menabung Selama Belasan Tahun Bangkrut, Penjahit Asal Bali Ini Nyaris Putus Asa

3. Aktifkan fitur menabung otomatis

Cobalah mengaktifkan fitur menabung otomatis dari bank yang Anda gunakan. Anda bebas menentukan besaran tabungan bulanan yang akan dipotong secara otomatis dari saldo yang Anda miliki.

4. Buat target dalam menabung

Jika target sudah ditetapkan, Anda harus berusaha untuk mencapai target tabungan tersebut.

5. Menabunglah dalan bentuk aset

Saat ini banyak alternatif yang bisa dipilih jika Anda ingin menabung untuk masa depan. Misalnya, menyimpan tabungan di dalam bentuk tabungan emas atau logam mulia. Selain itu, Anda juga bisa mengunci tabungan dalam bentuk deposito atau bahkan surat berharga negara.

Baca juga: Mengenal Kakebo, Budaya Orang Jepang dalam Menabung

6. Buat evaluasi tabungan

Laporan evaluasi tabungan dapat digunakan untuk menentukan kapan anda harus meningkatkan besaran tabungan bulanan Anda dan kapan Anda harus bertahan dengan jumlah tabungan yang sama.

Demikian tips menabung dari OJK. Anda dapat mulai dari diri sendiri dan mulailah menabung hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com