Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Khawatir El Nino Bikin Harga Gula Dunia Meroket

Kompas.com - 14/08/2023, 20:05 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Makanan dan Minuman khawatir dengan fenomena El Nino (kemarau panjang) akan berdampak pada tingginya harga komoditas gula rafinasi dunia.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan, kebutuhan gula rafinasi industri dalam negeri 100 persen berasal dari luar negeri yaitu Thailand dan India.

"Produsen gula yang besar itu Thailand, kemudian India itu akan masih kekeringan (El Nino) dan kita khawatirkan gula kan tebu itu 10 bulan (masa panen), kita khawatir panen tahun depan bisa berpengaruh," kata Adhi saat ditemui dalam acara Indonesia Retail Summit 2023, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Hadapi El Nino, Gubernur NTT Minta Pemda Genjot Penanaman Bambu

Adhi juga mengatakan, tingginya harga gula dunia juga dipengaruhi oleh penggunaan gula untuk jadi bioetanol. Hal ini dinilai akan menurunkan stok gula dunia

Meski demikian, ia memastikan pasokan gula dalam negeri masih aman hingga akhir 2023.

"Sementara tahun ini pasokan gula cukup. Saya tidak dengar ada kekurangan dari anggota," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait rencana impor gula, Adhi mendorong pemerintah segera merilis neraca komoditas untuk menentukan kebutuhan impor pada 2024.

Baca juga: Antisipasi Dampak El Nino, Bulog Percepat Realisasi Impor Beras

"Karena kalau kita terlalu lelet nanti kita khawatir kondisi global tidak menentu apalagi geopolitik tidak menentu tiba-tiba," ucap dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat perkotaan untuk tidak boros dalam memakai air. Sebab, El Nino yang terjadi saat ini diperkirakan masih berlangsung hingga November mendatang.

"Menghemat air, itu (masyarakat kota) jangan boros air. Dan juga nanti setelah ada hujan lakukan penghijauan. Tapi terutama menghemat air," ujar Dwikorita di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/7/2023).

Sementara itu, untuk masyarakat di daerah, Dwikorita meminta agar melakukan adaptasi pola tanam sesuai kondisi daerah yang kering.

Baca juga: Antisipasi Dampak El Nino, Mentan SYL Minta Kalsel Siapkan 100.000 Hektar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com