Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekankan Hilirisasi, Jokowi: Jadi Pemilik SDA Saja Tidak Cukup, Itu Akan Membuat Kita Menjadi Bangsa Pemalas

Kompas.com - 16/08/2023, 11:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya hilirisasi sumber daya alam (SDA). Hal ini diperlukan untuk memaksimalkan nilai tambah dan mengurangi ketergantungan terhadap SDA mentah.

Orang nomor satu RI itu menyebutkan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Akan tetapi, komoditas SDA saja tidak cukup untuk mendongkrak perekonomian nasional dan merealisasikan mimpi menjadi negara maju.

"Kaya SDA saja tidak cukup, jadi pemilik saja tidak cukup karena itu akan membuat kita menjadi bangsa pemalas yang hanya menjual bahan mentah kekayaannya," kata dia, dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPR, Rabu (16/8/2023)

"Tanpa ada nilai tambah, tanpa ada keberlanjutan," sambungnya.

Baca juga: Ketua MPR: Hilirisasi adalah Ikhtiar Mewujudkan Perekonomian yang Efisien dan Berkeadilan

Oleh karenanya, Jokowi menegaskan, Indonesia harus mampu mengolah sumber dayanya, memberikan nilai tambah, sehingga mampu mensejahterakan masyarakat. Hal ini bisa dilakukan melalui hilirisasi.

Akan tetapi, bukan hilirisasi semata yang diinginkan pemerintah. Jokowi bilang, pemerintah mengingingkan hilirisasi yang melakukan transfer teknologi yang memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan, serta meminimalisir dampak lingkungan.

"Pemerintah telah mewajibkan perusahaan tambang membangun pusat persemaian untuk menghutankan kembali lahan pasca tambang," katanya.

Baca juga: Nilai Ekspor Nikel Naik 5 Kali Lipat sejak Era Kepemimpinan Jokowi

Selain itu, pemerintah juga tidak menginginkan hilirisasi yang hanya berfokus pada komoditas mineral.

Pemerintah juga menginginkan hilirisasi yang berfokus pada komoditas non mineral seperti sawit rumput laut kelapa dan komoditas potensial lainnya yang mengoptimalkan kandungan lokal dan yang bermitra dengan UMKM Petani & Nelayan.

"Sehingga manfaatnya terasa langsung bagi rakyat kecil. Upaya ini sedang kita lakukan dan harus terus dilanjutkan," ucap Jokowi.

Baca juga: Bantah Jokowi, Faisal Basri Sodorkan Data Hitungan Hilirisasi yang Dinilai Untungkan China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com