Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut di Perairan Sulaa Baubau

Kompas.com - 18/08/2023, 08:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina International Shipping (PIS) memeringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan dua acara spesial. Pertama, pengibaran "Merah Putih" di bawah laut. Kedua, upacara Hari Kemerdekaan RI di Kapal Floating Storage and Offloading (FSO) Abherka yang baru beroperasi kembali. 

Pengibaran "Merah Putih" di bawah laut tepatnya di perairan Sulaa, Baubau, dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Lokasi pengibaran bendera ini berada di dekat Fuel Terminal Baubau yang dikelola oleh anak usaha PIS, yakni PT Pertamina Energy Terminal (PET).

Baca juga: Kepala Otorita IKN: Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN Sudah Ramai Bangunan Fisik

Acara pengibaran bendera di bawah laut juga disertai dengan kegiatan penanaman terumbu karang di perairan tersebut.

"Ini menunjukkan komitmen PIS dalam ketahanan energi sekaligus dukungan untuk menjaga ekosistem lautan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” kata Corporate Secretary PIS Muh Aryomekka Firdaus melalui keterangan pers, Kamis (17/8/2023).

Kegiatan pengibaran bendera dan penanaman terumbu karang di Baubau dilakukan oleh Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri, yang didampingi oleh klub penyelam Seahorse Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML), perwira PET, dan perwira PT Pertamina Trans Kontinental (PTK).

Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Freeport Indonesia Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Grasberg

Sementara upacara di FSO Pertamina Abherka dipimpin langsung oleh CEO PIS Yoki Firnandi, dan diikuti oleh seluruh kru kapal yang tengah bertugas.

Kapal FSO Pertamina Abherka adalah FSO pertama yang dimiliki oleh Pertamina Group dan merupakan tulang punggung ketahanan energi nasional. Hal ini menjadikan upacara memeringati HUT ke-78 RI di kapal ini jadi spesial bagi PIS. 

“FSO Abherka merupakan lambang kegagahan aset Pertamina Group dalam menjaga ketahanan energi nasional dalam menjaga semangat melaju untuk Indonesia maju,” lanjut Aryomekka.

Baca juga: Strategi Transformasi Antar PIS Cetak Laba Jumbo Semester I 2023

Kapal ini baru saja kembali beroperasi setelah melalui proses undocking, untuk meningkatkan kapasitas dan keandalannya hingga belasan tahun mendatang, sekaligus mempercantik tampilan kapal.

FSO Pertamina Abherka milik PIS resmi diperpanjang kontrak oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) sejak 31 Desember 2022- 2031.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com