Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dilakukan jika Nomor Token Listrik Gagal "Input"

Kompas.com - 21/08/2023, 09:13 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami kegagalan saat akan menginput nomor token listrik di meteran listrik PLN. Hal ini tentunya membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika meteran listrik sudah berbunyi dan jumlah kWh yang dimiliki tinggal sedikit.

Kondisi seperti itu mungkin membuatAnda panik dan melakukan input nomor token listrik berkali-kali. Alhasil, tetap saja Anda akan menerima pesan gagal input pada LCD meteran listrik.

Untuk mengatasi hal itu, Anda tidak perlu terburu-buru untuk kembali membeli token listrik lagi. Karena bisa saja, hal serupa akan terulang.

Baca juga: Cara Beli Token Listrik di Aplikasi Pegadaian Digital

Lalu bagaimana solusinya?

Masalah kegagalan input token listrik sangat umum terjadi. Namun dengan kemajuan teknologi dan transformasi yang dilakukan oleh PLN, penanganan kasus seperti itu tidak membutuhkan waktu lama.

Berdasarkan pengalaman, jika mengalami kegagalan input token listrik. Anda hanya perlu menghubungi pihak PLN. Bisa melalui PLN Mobile, atau telepon ke PLN 123, atau melalui media sosial seperti Twitter, Instagram, atau Facebook.

Tidak butuh waktu lama, Anda hanya perlu memberikan info nomor meteran listrik  dan nomor token listrik. Setelah itu, customer service akan melakukan verifikasi dan mengecek kendala Anda secara online. Tidak lupa, nomor ponsel agar memudahkan tim untuk menghubungi Anda.

Biasanya sekitar 1-5 menit kemudian, tim PLN menghubungi melalui pesan WhatsApp dan memberikan instruksi berupa deretan kode berbeda yang harus dimasukkan ke dalam meteran listrik dengan 4 kali input.

Tujuan dari menginput kode tersebut adalah untuk menormalkan, gangguan yang ada pada meteran listrik Anda.

Setelah Andamelakukan instruksi tersebut dengan benar. Selanjutnya, Anda perlu menginput kembali nomor token listrik yang sebelumnya gagal.

Baca juga: Promo PLN, Tambah Daya Listrik Hanya Rp 170.845

Jika pesan di LCD meteran listrik tertulis 'BENAR' dan lampu indikator berwarna hijau, berarti  Anda berhasil mengatasi kegagalan input meteran listrik. Namun, jika masih gagal, Anda perlu menghubungi kembali customer service PLN untuk pengaduan lebih lanjut.

Penyebab nomor token listrik gagal input di meteran:

  • Pemohonan dari pelanggan yang belum terselesaikan. Contohnya perubahan daya sehingga proses permohonan perlu diselesaikan dulu.
  • Melakukan kesalahan saat memasukkan token listrik
  • Sistem meter prabayar sedang dalam periode pembaruan atau update
  • Terjadi kesalahan teknis instalasi dengan dibuktikan keterangan "periksa" pada layar meteran PLN.

Baca juga: Subsidi BBM, Listrik, dan Elpiji Berpotensi Jebol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com