Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepati Janji, Bahlil Hibahkan 2 Unit Bus Listrik ke UGM

Kompas.com - 22/08/2023, 22:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyerahkan hibah dua unit bus listrik kepada kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (22/8/2023).

Penyerahan bus listrik ini dilakukan untuk menuntaskan janjinya yang pernah disampaikan kepada Rektor UGM pada tahun lalu.

"Saya hari ini datang untuk menepati janji satu tahun lalu. Inilah perbedaan kalau politisi sama pengusaha, kalau politisi janji biasa, tidak ditepati atau ditepati insya Allah. Tapi kalau pengusaha biasanya, kalau janjinya tidak ditepati, tidurnya enggak nyenyak," cetusnya dari keterangan tertulis resmi.

Baca juga: Pesan Bahlil ke Mahasiswa Undip: Kalau Cita-cita Jadi Karyawan, Lebih Baik Pulang Kampung Sekarang...

Menurutnya, pemberian bus listrik kepada UGM tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem mobil listrik.

"Ini sebagai bentuk partisipasi aktif dalam rangka mengembangkan ekosistem EV (electric vehicle) dan memang Kementerian Investasi lagi gencar-gencarnya untuk membangun investasi di mobil listrik dan baterai mobil listrik," ucap Bahlil.

Baca juga: UNCTAD Puji Pertumbuhan Investasi ASEAN Lampaui Negara Maju, Bahlil: Belum Merata

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UGM Ova Emilia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Investasi yang telah merealisasikan hibah bus listrik. Dia menyebut bahwa hibah tersebut akan mendukung misi kampus untuk menurunkan emisi karbon.

"Jadi salah satu misi dari kepengurusan rektorat (UGM) sekarang ini bahwa kita ingin mengupayakan adanya penurunan emisi karbon, khususnya di kampus. Sehingga kami akan membuat semacam perencanaan bahwa sikuler transport itu menggunakan mobil atau bus listrik," tutur Ova.

Baca juga: Hanya Akal-akalan Negara Maju, Bahlil Minta Pajak Minimum Global Dikaji Ulang

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini pun telah dua kali melakukan pemberian hibah bus listrik.

Sebelum UGM, Bahlil juga telah memberikan bus listrik kepada Universitas Indonesia (UI) pada Maret 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com