Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Akses Stasiun LRT Jabodebek dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kompas.com - 27/08/2023, 17:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek yang dikelola dibawah Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (28/8/2023).

KAI telah berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait untuk melakukan integrasi layanan angkutan umum lain di Jakarta dengan LRT Jabodebek.

Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih mengatakan, bagi pelanggan KA Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang ingin menjajal layanan LRT Jabodebek dapat menggunakan Transjakarta dari halte masing-masing stasiun tersebut ke stasiun LRT Jabodebek terdekat, yakni Stasiun Dukuh Atas dan turun di Halte Transjakarta Dukuh Atas 2.

Baca juga: Beroperasi 28 Agustus 2023, LRT Jabodebek Punya 2 Jenis Stasiun

"Dari halte tersebut, pelanggan tinggal berjalan kaki menuju Stasiun Dukuh Atas. Alternatif lainnya, pelanggan KA Stasiun Gambir maupun Pasar Senen dapat menggunakan taxi atau layanan online lainnya," kata Feni dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8/2023).

Feni mengatakan, LRT Jabodebek akan menambah alternatif transportasi publik dalam kota bagi pelanggan KA Jarak Jauh di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

Ia mengatakan, terdapat 18 stasiun yang akan melayani pelanggan LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Feni menjelaskan, stasiun LRT Jabodetabem terdiri dari 2 tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya.

Interchange Station terdiri dari 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial.

Baca juga: Segera Beroperasi, Simak Titik Kantong Parkir LRT Jabodebek

"Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron," ujarnya.

Lebih lanjut, Feni mengatakan, Stasiun Cawang merupakan satu-satunya Interchange Station LRT Jabodebek lantaran menjadi stasiun transit, terdapat gerai UMKM Binaan KAI Daop 1 Jakarta yang bergerak dalam bidang kuliner.

Hal ini, kata dia, diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat.

"Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal dan perjalanan KA Jarak Jauh maupun LRT Jabodebek, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," ucap dia.

Baca juga: Catat, LRT Jabodebek Beroperasi Senin Lusa di 18 Stasiun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com