Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Juli 2023, AP I Bukukan Laba Bersih Rp 448 Miliar

Kompas.com - 31/08/2023, 21:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) membukukan laba bersih secara konsolidasi sebesar Rp 448 miliar sepanjang Januari-Juli 2023. Kinerja ini sejalan dengan semakin pulihnya industri penerbangan usai pandemi.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, capaian itu berasal dari total pendapatan hingga Juli 2023 yang sebesar Rp 5,22 triliun atau naik 75 persen.

Sementara pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan mortisasi atau EBITDA mencapai Rp 2,32 triliun atau naik 224 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu.

"Perlahan tapi pasti, melalui tranformasi perusahaan, peningkatan kinerja AP I mulai mencapai atau bahkan melebihi target yang telah ditentukan perusahaan untuk periode 2022-2027," ujar Faik dalam keterangannya dikutip Kamis (31/8/2023).

Baca juga: Laba Bersih Angkasa Pura I Tumbuh 120 Persen pada Kuartal I 2023

Ia menuturkan, capaian kinerja keuangan perusahaan selaras dengan kinerja operasional yang juga tumbuh secara signifikan hingga akhir Juli 2023.

Tercatat, ada sebanyak 45,3 juta pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaan AP I pada periode 1 Januari-28 Agustus 2023, tumbuh 78 persen dibandingkan periode sama pada 2022 yang sebesar 25,4 juta penumpang.

"Peningkatan kinerja operasional dan keuangan AP I tidak terlepas dari optimisme perusahaan untuk melakukan pemulihan kinerja akibat dampak pandemi Covid-19," jelasnya.

Faik mengakui, pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir tiga tahun menjadi pukulan berat bagi perusahaan. Pendapatan perusahaan sempat anjlok hingga 63 persen dari Rp 8,63 triliun di 2019 menjadhya sebesar Rp 3,21 triliun di 2021.

Volatilitas industri aviasi saat itu membuat AP I menyusun inisiatif transformasi untuk mendukung pemulihan bisnis seperti cost leadership, revenue enhancement, dan penundaan investasi.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Sekjen Kemenhub Novie Riyanto Jadi Komisaris Utama AP I

Transformasi bisnis yang tertuang dalam berbagai inisiatif pun dilakukan perusahaan untuk kembali mencapai kinerja yang positif, terlebih ketika berakhirnya pandemi Covid-19.

Di antaranya, berkomunikasi dengan berbagai maskapai penerbangan, baik nasional maupun internasional, untuk dapat segera melakukan reaktivasi rute-rute penerbangan yang selama masa pandemi berhenti beroperasi. Hal ini dengan mempertimbangkan permintaan yang semakin tinggi.

"Salah satu contoh inisiatif strategis yaitu dengan melakukan perubahan tipe pesawat dari wide body menjadi wide body yang kapasitasnya lebih besar, seperti yang telah terealisasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang telah melayani penerbangan pesawat terbesar di dunia, Airbus A380-800 milik Emirates yang sebelumnya mengoperasikan pesawat tipe Boeing 777-300ER," papar Faik.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Kembali Faik Fahmi sebagai Dirut AP I

 


Selain itu, pilar financial restructuring yang dilakukan sepanjang semester I-2023 telah berdampak positif terhadap peningkatan arus kas dan likuiditas AP I. Rasio kemampuan membayar utang jangka pendek atau current ratio perusahaan meningkat dari 0,70x di semester I-2022 menjadi 1,53x di semester I-2023.

Kemudian dilakukan juga inisiatif perbaikan kinerja melalui restrukturisasi organisasi untuk penguatan, optimalisasi, dan efektivitas proses bisnis organisasi di lingkungan perseroan, serta digitalisasi.

"Tren pertumbuhan pada tahun ini menjadi sinyal bahwa upaya transformasi secara keseluruhan bisnis perusahaan telah membuahkan hasil. Meski begitu, sinyal positif ini mesti terus digaungkan sehingga AP ! benar-benar kembali ke posisi semula sebelum pandemi melanda atau bahkan lebih dari itu," tutup Faik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com