Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Liburan Akhir Tahun Butuh Perencanaan Keuangan yang Baik

Kompas.com - 01/09/2023, 15:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang, liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Data statistik Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta mencatat angka keberangkatan perjalanan ke luar negeri oleh Warga Negara Indonesia (WNI) meningkat hingga 72 persen pada Juli 2022 ke 2023.

Retail Business Development Department Head OK Bank, Hardiansyah Ramadhan mengatakan, liburan akhir tahun tak hanya menjadi momen berkumpul dengan keluarga, namun juga menjadi cara untuk mengurangi kepenatan.

Namun perlu diingat, rencana liburan yang baik membutuhkan persiapan matang sejak jauh hari. Carilah informasi mengenai harga tiket pesawat dari negara tujuan wisata yang menawarkan beragam promo menarik.

"Tak hanya itu, pilihlah juga solusi pembiayaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dana liburan, salah satunya Kredit Tanpa Agunan (KTA)," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Pinjol Bakal Masuk SLIK, OJK: Jadi Anak-anak Muda Itu Aware, Jangan Main Utang Online

Salah satu solusi dana liburan akhir tahun adalah dengan memanfaatkan KTA. Salah satu bank yang menyediakan KTA yakni OK Bank. Bank dari Korea ini menyediakan fasilitas pinjaman mulai Rp 3 juta-Rp 200 juta dengan suku bunga 0,89 persen yang dapat dicairkan dalam kurun waktu 1 hari kerja.

KTA dari OK Bank juga memiliki jangka waktu pembayaran cicilan tenor mulai dari 12 sampai 60 bulan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

"Rencana liburan yang baik membutuhkan perhitungan keuangan secara cermat dan solusi pembiayaan yang tepat. Kami berharap kehadiran KTA OK Bank dapat menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mewujudkan rencana liburan secara bijaksana, tentu dengan tak lupa terus berdisiplin dan hemat dalam pengelolaan anggaran, sehingga kondisi keuangan keluarga tetap terjaga," pungkas Hardiansyah.

Baca juga: Menkominfo: Hati-hati Pakai Pinjol, kalau Enggak Perlu Banget Jangan Pinjam

 


Sebelumnya, Bank Oke Indonesia Tbk (DNAR) menjalin kerja sama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) meluncurkan program KTA untuk mahasiswa, atau OK KTA. 

Direktur Utama PT Bank Oke Indonesia Tbk Park Young Man mengatakan, peluncuran tersebut diharapkan dapat membantu para mahasiswa atau mahasiswi UPH yang membutuhkan bantuan finansial untuk biaya kuliah.

"Kami berharap kerja sama ini dapat membantu mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka dan mempermudah proses pembayaran biaya kuliah, dan kami berharap dapat terus tumbuh bersama-sama," ujar Park Young Man dalam siaran pers, Kamis (6/4/2023).

Park Young Man menambahkan, kerja sama OK Bank dengan UPH bisa menjadi permulaan yang diharapkan juga memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Sehingga para mahasiswa bisa melanjutnya studinya di tingkat universitas hingga lulus.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan KTA Mahasiswa dari OK Bank

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com