Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Kompas Travel Fair 2023, Sandiaga Uno Soroti Wisata Hijau

Kompas.com - 03/09/2023, 21:23 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Kompas Travel Fair (KTF) 2023 yang diselenggarakan di Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Minggu (3/9/2023).

Menteri yang kerap disapa Sandi itu tiba di arena KTF sekitar pukul 17.00 WIB. Ia disambut oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra dan Wakil Direktur Bisnis Harian Kompas Novi Eastiyanto.

Turut hadir pula Executive Vice President, Head of Marketing & Lifestyle Business, Bank OCBC NISP Amir Widjaya, serta jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Ekonomi Kreatif RI Terbesar Ketiga Dunia, Sandiaga: Kita Punya Drama Horor dan Dangdut Koplo

Di arena KTF, Sandi melihat-lihat booth peserta antara lain booth desa wisata, biro perjalanan, atraksi wisata, serta bank mitra KTF.

Dalam kesempatan itu, Sandi mengatakan bahwa dirinya menyambut baik penyelenggaraan KTF yang tahun ini yang telah memasuki penyelenggaraan yang ke-10. Dia berharap acara tersebut menjadi inspirasi bagi UMKM di Tanah Air.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi pelaku industri pariwisata dan juga bagi UMKM-UMKM,” ujar Sandi dalam siaran pers, Minggu (3/9/2023).

Baca juga: Sandiaga: Masalah Polusi Udara Jadi Lampu Kuning untuk Pariwisata RI

Dia juga menyoroti seputar green tourism atau wisata hijau yang sekarang menjadi tren. Sandi mengatakan wisata dengan pendekatan alam dan juga budaya sudah ada sejak dulu.

“Kita menyebutnya nature and culture. Sehingga walaupun Kebun Raya sudah ada sebelum kemerdekaan, tapi di zaman Bung Karno diberikan perhatian khusus,” ungkap Sandi.

Dalam KTF, Sandi juga melihat booth taman-taman wisata yang mengedepankan eco tourisme. Menurut Sandi, hal tersebut menjadi salah satu solusi di tengah maraknya isu kondisi udara di Jakarta yang kurang baik.

Baca juga: Sandiaga Didapuk Rangkap Jabatan Menteri, Saham SRTG Sempat Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com