Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kondisi yang Mengharuskan Anda Punya Dana Darurat, Apa Saja?

Kompas.com - 09/09/2023, 14:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana darurat penting dimiliki jika Anda kesulitan membayar tagihan atau merasa tidak mampu menutupi pengeluaran tak terduga. Para ahli menyarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya untuk biaya hidup tiga hingga enam bulan.

Dilansir The Balance, Sabtu (9/9/2023), dana darurat adalah tabungan likuid yang melindungi Anda jika terjadi kesulitan keuangan yang tidak terduga dan dapat membantu mencegah Anda berutang.

Dana darurat juga memberikan ketenangan pikiran jika Anda kehilangan pekerjaan, sakit, atau harus menanggung biaya perbaikan mobil atau rumah.

Baca juga: Cara Menggunakan Dana Darurat dengan Bijak agar Tak Menyesal

Ilustrasi dana darurat.SHUTTERSTOCK/MOZAKIM Ilustrasi dana darurat.

Ada banyak kondisi yang mengharuskan Anda harus memiliki dana darurat, berikut di antaranya.

1. Sedang berusaha melunasi utang

Dana darurat dapat membantu Anda berhenti menambah utang jika ada masalah keuangan yang menghadang. Dana darurat dapat membantu menutupi hal-hal yang tidak Anda anggarkan, seperti perbaikan mobil atau biaya pengobatan.

Anda bisa menggunakan dana darurat untuk menangani peristiwa-peristiwa ini dan memudahkan Anda untuk tetap fokus untuk keluar dari utang.

Lebih mudah untuk segera membayar untuk utang ketika Anda memiliki bantalan untuk pengeluaran tak terduga. Sertakan dana darurat dalam anggaran Anda.

Baca juga: Catat, Cara Mengumpulkan Dana Darurat

2. Baru mulai menyusun anggaran rutin

Saat pertama kali mulai membuat anggaran, Anda mungkin secara tidak sengaja melewatkan beberapa pengeluaran yang perlu direncanakan.

Dana darurat dapat menutupi sebagian dari pengeluaran ini pada tahun pertama dan kemudian Anda dapat menambahkan pengeluaran tersebut ke dalam anggaran saat pengeluaran tersebut muncul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com