Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menabung untuk Liburan yang Berkesan

Kompas.com - 09/09/2023, 18:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin berencana liburan akhir tahun. Namun demikian, kondisi yang mungkin terjadi adalah tabungan Anda tidak mencukupi untuk memesan tiket pesawat, hotel, dan kebutuhan lainnya saat liburan.

Akan tetapi, jangan khawatir, Anda masih bisa menabung untuk liburan yang mengesankan.

Meskipun Anda harus berkomitmen pada anggaran, hal itu tidak serumit yang Anda bayangkan. Ini hanya memerlukan perencanaan, sedikit pandangan ke depan dan beberapa motivasi.

Baca juga: Wacana Liburan Akhir Tahun Butuh Perencanaan Keuangan yang Baik

Ilustrasi liburan keluarga.Dok. Shutterstock/Studio Romantic Ilustrasi liburan keluarga.

Dikutip dari Travel and Leisure, Sabtu (9/9/2023), berikut beberapa cara menabung untuk liburan.

1. Buat anggaran

Langkah pertama dalam menabung untuk liburan adalah merencanakannya. Bahkan sebelum Anda memikirkan tentang tabungan, rencanakan ke mana Anda ingin pergi, di mana Anda ingin tinggal, dan apa yang ingin Anda lakukan selama berada di sana.

Saat Anda melakukan riset, hitunglah berapa biaya tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan aktivitas. Setelah Anda merencanakan rencana perjalanan yang tidak jelas, catat total perkiraan biayanya dan tuliskan di kalender untuk tanggal keberangkatan yang Anda inginkan.

Hitung berapa minggu sampai Anda ingin berangkat dan bagi biaya dengan waktu yang perlu Anda hemat. Anda sekarang tahu berapa banyak yang perlu Anda sisihkan setiap minggunya agar mampu membiayai liburan.

Baca juga: Liburan, IFG Life Tawarkan Asuransi Mulai dari Rp 49.000

2. Beli barang harga grosir

Membeli dalam jumlah besar dan harga grosir tidak selalu merupakan pilihan terbaik, tetapi untuk barang-barang yang selalu Anda gunakan di rumah, ini adalah cara terbaik untuk menghemat uang.

Barang-barang sehari-hari seperti tisu, deterjen, dan sabun sebaiknya dibeli dalam jumlah banyak. Jika Anda tidak suka membawa tas besar pulang dari toko, Anda dapat memesan dalam jumlah besar secara online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com