Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Akses Keuangan, Bank DKI Terus Lakukan Transformasi Digital

Kompas.com - 15/09/2023, 16:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI terus melakukan transformasi digital, salah satunya dengan pengembangan aplikasi JakOne Mobile. Ini dilakukan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan.

"Juga ditujukan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham, khususnya dukungan terhadap berbagai program Provinsi DKI Jakarta sebagai wujud dukungan mewujudkan Jakarta sebagai kota global," kata Direktur Kepatuhan Bank DKI Ateng Rivai dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Menurut dia, Bank DKI terus melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital, di antaranya aplikasi JakOne Mobile sebagai super app, dengan berbagai fitur yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital, seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS.

Baca juga: Bank DKI Perkuat Layanan Digital, Gandeng SPE Solution

Ilustrasi mobile banking, layanan keuangan digital. SHUTTERSTOCK/POPTIKA Ilustrasi mobile banking, layanan keuangan digital.

Selanjutnya, dalam mendukung perkembangan para pelaku UMKM, Bank DKI hadir dengan layanan JakOne Abank yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui system keagenan.

"Selain itu, Bank DKI terus melakukan pengembangan aplikasi digital lending dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit atau pembiayaan," ujar Rivai.

Atas inisiatif tersebut, Bank DKI raih penghargaan sebagai Mitra Daerah Berkinerja Unggul “Maju Jakarta Melalui Akselerasi Transformasi Digital” atas inisiatif program transformasi digital yang diimplementasikan secara konsisten.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi berujar, transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Bank DKI

“Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah," sebut Arie.

Lebih lanjut, imbuh dia, saat ini Bank DKI juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard, mulai dari tiket elektronik di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com