Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Jelang Kereta Cepat Diresmikan, Begini Kondisi Jalan Akses di Stasiun Halim

Kompas.com - 17/09/2023, 12:36 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang kereta cepat Jakarta-Bandung diresmikan pada 1 Oktober mendatang, jalan akses menuju stasiun terutama Stasiun Halim terus disiapkan.

Jalan akses ini menjadi aspek pendukung yang penting lantaran dapat memudahkan penumpang kereta cepat menuju Stasiun Halim.

Menggunakan LRT Jabodebek

Penumpang kereta cepat bisa menggunakan moda transportasi lain seperti LRT Jabodebek untuk menuju Stasiun Halim dari wilayah Jakarta, Bekasi, dan Cibubur.

Bagi penumpang yang menggunakan LRT Jabodebek bisa langsung menuju Stasiun Kereta Cepat Halim melalui jembatan penghubung (skybridge) dari Stasiun LRT Halim.

Stasiun Halim memiliki dua jalan akses, yaitu Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang pintu masuknya dari Jalan DI Panjaitan untuk sepeda motor dan mobil serta Exit Tol KM 1+842 untuk kendaraan mobil. KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Stasiun Halim memiliki dua jalan akses, yaitu Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang pintu masuknya dari Jalan DI Panjaitan untuk sepeda motor dan mobil serta Exit Tol KM 1+842 untuk kendaraan mobil.

Dua Jalan Akses untuk Kendaraan Pribadi

Sementara bagi penumpang kereta cepat yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menuju Stasiun Halim melalui jalan akses yang sudah disiapkan.

Adapun jalan akses Stasiun Halim ini ada di dua titik, yaitu:

1. Melalui Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang pintu masuknya dari Jalan DI Panjaitan. Jalan akses ini bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil.

2. Melalui Exit Tol KM 1+842 untuk kendaraan mobil.

Berdasarkan reportase Kompas.com pada Rabu (13/9/2023) kemarin, jalan akses Stasiun Halim yang sudah dapat dilalui hanya yang dari Jalan DI Panjaitan saja.

Salah satu jalan akses menuju Stasiun Halim, yaitu Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang pintu masuknya dari Jalan DI Panjaitan arah Jatinegara menuju Cawang. Jalan akses ini tepat di dekat gapura Komplek Kemhan dan terowongan Cawang. Jalan akses ini bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Salah satu jalan akses menuju Stasiun Halim, yaitu Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang pintu masuknya dari Jalan DI Panjaitan arah Jatinegara menuju Cawang. Jalan akses ini tepat di dekat gapura Komplek Kemhan dan terowongan Cawang. Jalan akses ini bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil.

Flyover Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang menjadi jalan akses menuju Stasiun Halim sudah dilengkapi dengan pagar pengaman, trotoar, pembatas jalan, dan lampu jalan.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Flyover Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah yang menjadi jalan akses menuju Stasiun Halim sudah dilengkapi dengan pagar pengaman, trotoar, pembatas jalan, dan lampu jalan.

Sementara untuk kendaraan dari jalan tol masih belum bisa menggunakan akses masuk dari Exit Tol KM 1+842.

Sebagai gantinya, pengunjung bisa masuk ke Stasiun Halim dari jalan akses sementara di jalan bukaan dari sisi kiri jalan tol.

Jalan akses sementara Stasiun Halim yang berupa jalan bukaan dari sisi kiri jalan tol. Jalan akses ini digunakan selama jalan akses Exit Tol KM 1+842 dibangun. Artinya, jika jalan akses Exit Tol KM 1+842 sudah selesai dibangun maka akses sementara berupa jalan bukaan itu akan ditutup.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Jalan akses sementara Stasiun Halim yang berupa jalan bukaan dari sisi kiri jalan tol. Jalan akses ini digunakan selama jalan akses Exit Tol KM 1+842 dibangun. Artinya, jika jalan akses Exit Tol KM 1+842 sudah selesai dibangun maka akses sementara berupa jalan bukaan itu akan ditutup.

Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa.

Eva bilang, jalan akses Exit Tol KM 1+842 sedang dalam proses pembangunan sehingga untuk sementara ini pengunjung bisa menggunakan jalan akses dari Jalan DI Panjaitan atau jalan bukaan dari sisi kiri jalan tol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com