Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Menyelisik Strategi Shopee Live Gaet Penonton, Berhasil Jadi Juara Ungguli Semua Pesaingnya

Kompas.com - 19/09/2023, 10:19 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Penyedia jasa riset Populix belum lama ini merilis hasil riset bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menunjukkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming shopping paling populer di Indonesia mengungguli TikTok Live, Tokopedia Play, dan LazLive.

Lewat riset tersebut, Populix memotret perilaku belanja masyarakat terhadap pemasaran daring secara langsung atau biasa diistilahkan live streaming sales.

Adapun riset dilakukan pada 12-23 Mei 2023 dengan melibatkan 506 responden dengan sebaran 25 persen berasal dari area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek, 50 persen berasal dari Jawa non-Jabodetabek, dan 25 persen dari luar Pulau Jawa.

Sementara itu, responden berada pada rentang usia 17-45 tahun dengan ragam jenis pekerjaan serta proporsi jenis kelamin yang sama banyaknya.

Baca juga: Raup Omzet Rp 16 Miliar, Ruben Onsu Catatkan Rekor Baru Shopee Live pada Puncak Kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day

Riset yang dipublikasi pada Jumat (9/6/2023) menunjukkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming shopping yang paling diingat dengan hasil pilih responden sebanyak 69 persen.

Sementara itu, TikTok Live menduduki peringkat kedua dengan 25 persen, Tokopedia Play 4 persen, dan LazLive 2 persen.

Selain itu, Populix juga mendapati Shopee Live memimpin pangsa pasar dengan jumlah transaksi (share of order) dan nilai transaksi (share of revenue) dalam enam bulan terakhir sebelum hasil riset dipublikasi.

Untuk share of order, Shopee Live memimpin di urutan pertama dengan jumlah 56 persen, kemudian TikTok Live 30 persen, Tokopedia Play 8 persen, dan LazLive 6 persen.

Sementara untuk share of revenue, Shopee Live unggul dengan 54 persen, diikuti TikTok Live 31 persen, Tokopedia Play 10 persen, dan LazLive 6 persen.

“Hal ini sejalan dengan perilaku masyarakat Indonesia yang salah satunya mencari platform dengan penawaran paling menarik saat berbelanja melalui fitur live streaming,” tulis hasil riset Populix.

Baca juga: Live Shopping di Shopee Live, Aurel Hermansyah Catat Omzet Fantastis, Lebih dari 16.000 Produk Terjual Saat Puncak Kampanye 9.9

Perlu diketahui, sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masyarakat Indonesia masih mengacu pada pencarian promosi atau penawaran menarik.

Responden merespons bahwa gratis ongkos kirim menjadi pencarian promosi tertinggi, yakni 91 persen. Lalu diskon dengan persentase 87 persen, cashback 65 persen, voucer belanja 47 persen, special bundle 34 persen, dan exclusive product launch sebanyak 20 persen.

Strategi Shopee gaet konsumen

Sebagai penyedia layanan belanja daring, Shopee termasuk salah satu e-commerce yang cakap mengambil hati konsumen lewat promo yang dihadirkan.

Hal tersebut terlihat dari capaian kampanye 9.9 yang dihadirkan Shopee. Lewat rilis yang diterima Kompas.com, Senin (18/9/2023), pihak Shopee mengamini bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan penawaran yang dihadirkan pihaknya cukup besar.

Hasilnya, Shopee Live pada hari puncak kampanye ditonton lebih dari tujuh kali lipat dari rata-rata penonton pada hari biasa. Tak hanya itu, jumlah produk terjual pun mencapai lebih dari 30 kali lipat.

Baca juga: Deretan Bintang, dari Ruben Onsu, Sarwendah, hingga Aurel, Catatkan Omzet Fantastis di Shopee Live 24 Jam Nonstop Saat Puncak Kampanye 9.9

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com