Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UOB Targetkan Akuisisi Bisnis Konsumer Citibank Rampung November 2023

Kompas.com - 25/09/2023, 13:53 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wholesale Banking Director UOB Indonesia Harapman Kasan menargetkan proses akuisisi bisnis konsumer Citibank kepada UOB Group selesai pada November 2023.

"Sekarang intensitas UOB dan Citi kami sedang bekerja ya, hopefully di akhir November ini kita bisa lakukan dengan baik, pada waktunya akan disampaikan. Itu suatu prestasi dan komitmen UOB ke Indonesia," kata Harapman saat ditemui di UOB Plaza, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Harapman mengatakan, proses akuisisi bisnis konsumer Citibank dilakukan dapat satu paket di empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Baca juga: Bos Citi Indonesia: Akuisisi Bisnis Konsumer Banking oleh UOB Rampung Akhir 2023

Ia mengatakan, nilai akuisisi unit bisnis tersebut sekitar 5 miliar dolar Singapura atau setara Rp 56,3 triliun.

"Nilai akusisi Citibank itu satu paket dengan 4 negara, Indonesia, Malaysia, Thailand sama Vietnam, kurang lebih kira- kira di 4 miliar dolar Singapura, antara 4-5 miliar dolar Singapura," ujarnya.

Sebelumnya, CEO Citibank Indonesia (Citi Indonesia) Batara Sianturi memastikan proses akuisisi bisnis konsumer oleh UOB akan selesai pada akhir 2023.

Baca juga: Heboh Konser Taylor Swift, Penggemar Berbondong-bondong Bikin Kartu Kredit UOB

"Seperti yang sudah kita sampaikan, di kuartal I-2023 lalu, akuisisi ini ditargetkan (rampung) di akhir tahun 2023," kata Batara di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Namun demikian, Batara enggan mengungkapkan lebih lanjut soal nilai akuisisi perusahaan. Saat ingin dipastikan, apa benar nilainya mencapai Rp 52 triliun, ia enggan mengomentari hal itu.

"Kita mesti lihat dulu, the final one. Saya enggak bisa komentar soal itu," kata Batara.

Di tahun ini, proses akuisisi Citibank oleh UOB sudah dilakukan di Malaysia. Dia meyakini, Indonesia adalah negara selanjutnya yang akan menyelesaikan akuisisi tersebut.

Baca juga: Prudential Gandeng UOB Luncurkan Produk Asuransi Unit Link

"Minggu lalu, Malaysia sudah cut offer, berarti next Indonesia, dan itu sudah kami umumkan kepada investor bahwa kami di Citi Indonesia," ujarnya.

Batara memastikan, dalam proses akuisisi, seluruh produk dan layanan yang ditawarkan kepada nasabah akan akan berjalan normal seperti biasa. Kegiatan operasional di seluruh kantor cabang juga akan berjalan seperti biasa.

Adapun transaksi akuisisi bisnis konsumer Citi dengan UOB termasuk di dalamnya bisnis retail banking dan kartu kredit. Tapi tidak termasuk bisnis institutional banking.

Baca juga: Citi Indonesia Proyeksikan Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen Tahun Ini

Dengan akuisisi tersebut, maka lini bisnis consumer banking Citi hanya akan beroperasi di beberapa negara, termasuk Hong Kong, Singapura, London, dan Timur Tengah.

Selain di Indonesia, Citi juga menjual bisnis konsumernya yang berada di Thailand, Malaysia, Vietnam, India, Korea Selatan, dan China.

Baca juga: Citi Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 569 Miliar di Kuartal I-2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com