Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Nyaman, Berapa Harga Tiket Kereta Ekonomi Generasi Baru?

Kompas.com - 27/09/2023, 09:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan tarif untuk kereta ekonomi generasi baru (new generation). Namun, dipastikan tarifnya tidak berbeda jauh dengan harga tiket kereta ekonomi sebelumnya.

Sebagai informasi, perbedaan kereta ekonomi generasi baru dan lama yang paling mencolok terlihat pada kursinya di mana kereta baru menggunakan jenis captain seat, sedangkan kereta lama menggunakan kursi tegak lurus.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, kenaikan tarif tiket kereta ekonomi generasi baru ini sekitar Rp 30.000 dibandingkan kereta ekonomi lama.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Kereta Ekonomi Generasi Baru Dirangkaikan dengan KA Jayabaya

Eksterior kereta ekonomi New Generation pada KA Jayabaya.Dok. PT KAI Eksterior kereta ekonomi New Generation pada KA Jayabaya.

"Kenaikkan mungkin sekitar Rp30.000 ya dibandingkan sebelum dimodifikasi, masing-masing sub class," ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Meskipun terjadi kenaikan, dia memastikan tarif yang ditetapkan untuk tiket kereta ekonomi baru ini tetap terjangkau untuk penumpang.

Kenaikan tarif ini dilakukan lantaran KAI juga membutuhkan biaya untuk memperbarui interior, fasilitas, dan fitur-fitur kereta agar penumpang lebih nyaman.

"Tarif tidak berbeda jauh, bagaimanapun kita tetap berada dalam koridor korporasi. Jadi setiap ada peningkatan fasilitas, peningkatan kenyamanan pasti ada value-nya namun tetap ekonomis, tetap ekonomis ya," tukasnya.

Baca juga: Siap-siap, KAI akan Luncurkan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif

Adapun beberapa perubahan pada kereta ekonomi generasi baru ini terletak pada kapasitasnya yang menjadi lebih sedikit, yaitu dari 80 kursi dengan formasi 2-2, sedangkan sebelumnya berkapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2 sehingga leg room menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursi kereta ekonomi baru ini juga sudah menggunakan tipe captain seat yang diklaim membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, bisa diatur kemiringannya (reclining), serta bisa disesuaikan searah laju KA atau berhadapan (revolving).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com