Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merger DAMRI dan PPD Berdampak Positif, Layani 464.978 Penumpang JR Connexion

Kompas.com - 28/09/2023, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi merger Perum DAMRI dan Perum PPD membuahkan hasil positif. Dalam tiga bulan pascapenggabungan, DAMRI dapat memperluas jangkauan layanannya di Jabodetabek.

Pencapaian ini terlihat dari jumlah penumpang Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) yang dilayani DAMRI mencapai 464.978 penumpang selama Juni-Agustus 2023.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan mengatakan, selama masa transisi pasca-penggabungan ini DAMRI berupaya menjadi lebih kompetitif, bisa bersaing, menghasilkan profit, dan melayani pelanggan lebih baik.

Oleh karenanya, manfaat dari penggabungan dua perusahaan ini bisa langsung terlihat dalam kurun waktu tiga bulan sehingga berkontribusi pada peningkatan layanan dan market share.

"Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI membawa implikasi positif pada peningkatan skala bisnis dan inovasi layanan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Penumpang KCJB Tujuan Kota Bandung Disarankan Pakai Damri dari Tegalluar

Dengan penggabungan ini, DAMRI dapat melakukan penetrasi lebih dalam lagi di wilayah Jabodetabek dengan layanan Perum PPD bernama JR Connexion.

Adapun JR Connexion yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, seperti Cibinong City Mall, Mega City Bekasi, hingga Summarecon Mall Serpong, serta antarmoda seperti LRT City Bekasi mendukung kebutuhan mobilisasi secara mudah dan cepat.

"Kini DAMRI dapat memperkuat layanan masyarakat dari permukiman menuju pusat perkantoran, perdagangan, hingga industri wilayah Jakarta dengan pelayanan yang optimal," ucapnya.

Baca juga: Bus JR Connexion Sediakan Bagasi Gratis untuk Pemilik Sepeda Lipat


Konektivitas point to point memberikan kemudahan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat dapat memilih transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Mobilisasi dengan JR Connexion pun dapat menjadi solusi menghadapi tantangan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jabodetabek.

Untuk mendorong keinginan masyarakat menggunakan transportasi umum, DAMRI terus berupaya membangun asset berkualitas dengan layanan rute yang terjangkau dan terintegrasi. Adapun DAMRI mengedepankan penerapan excellent service untuk mewujudkan pengalaman terbaik pelanggan.

"Dengan memperluas skala usaha, penggabungan ini membuka peluang kepada perusahaan untuk memilih berbagai inovasi terbaik dalam bidang transportasi darat skala nasional, bahkan regional," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com