Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Ekonomi Digital, Startup di RI Butuh Pemodal Ventura Korporasi

Kompas.com - 02/10/2023, 17:28 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Era ekonomi digital yang tumbuh pesat di Indonesia menumbuhkan banyak startup atau perusahaan rintisan digital. Untuk itulah, butuh pemodal ventura korporasi atau Corporate Venture Capital (CVC).

Berbeda dengan perusahaan modal ventura yang umumnya berorientasi pada margin profit, kehadiran CVC lebih berfokus pada perluasan pasar, modernisasi sistem industri hingga penguatan reputasi brand.

MDI Ventures, CVC dari PT Telkom Tbk, dalam laporan Whitepaper berjudul “How Large Enterprise Can Enter CVC” menyebutkan peran penting CVC bagi startup dan perusahaan, serta kontribusinya bagi kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Dalam laporan yang baru saja dirilis dalam acara Partner Day HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 tersebut, juga menunjukkan bagaimana CVC dapat menghasilkan laba dari investasi dan mendorong sinergi perusahaan secara dua arah.

Baca juga: Peran Pemodal Ventura sebagai Katalisator Startup

Muhammad Fajrin Rasyid, Director Digital Business, Telkom Group mengatakan, Telkom Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendorong inovasi teknologi dalam lanskap digital Indonesia melalui lini CVC-nya yakni MDI Ventures.

"Berdiri sejak tahun 2016, MDI Ventures bertujuan untuk menjembatani kolaborasi antara BUMN, perusahaan, dan startup digital, agar dapat tercipta nilai sinergi yang menguntungkan semua pihak," katanya melalui keterangan pers, Senin (2/10/2023).

Ia melanjutkan, investasi CVC menawarkan beberapa keunggulan bagi startup. Antara lain sebagai berikut. 

Baca juga: Pemahaman yang Keliru Seputar Venture Capital

1. startup bisa mengakses sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang notabene lebih mapan. Sumber daya ini bisa berupa aset, keahlian, data, ataupun koneksi bisnis.

2. investasi CVC memiliki kredibilitas tinggi, sehingga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan investor eksternal terhadap potensi pertumbuhan startup.

3. investasi CVC juga membuka lebih banyak kesempatan exit bagi startup, misalnya dengan akuisisi ke perusahaan induk CVC.

Di sisi lain, CVC juga bisa meraup keuntungan seperti adanya integrasi teknologi dan keahlian baru, membuka keran pendapatan baru di luar bidang bisnis inti, serta potensi imbal balik yang signifikan dari investasi (return on investment).

Baca juga: Wajib Paham Tren Venture Capital pada 2023 Ini!

Investasi CVC

Secara global, tahun 2021 mencatatkan rekor tertinggi investasi CVC dengan 4.864 transaksi senilai total 174,8 miliar dollar AS.

Sementara itu, di tahun 2022, CVC bersikap lebih selektif dalam memilih startup untuk investasi, sehingga jumlah transaksi melandai ke angka 2.553 per kuartal 2 2022.

Dari angka tersebut, 60 persen di antaranya merupakan investasi ke startup tahap awal (early stage) dan mayoritas berfokus pada sektor terkait keberlanjutan lingkungan, seperti pengembangan energi alternatif, bioteknologi, dan pengurangan emisi karbon.

Sebagai tambahan informasi, Whitepaper MDI Ventures berjudul “How Large Enterprise Can Enter CVC” dapat diunduh secara gratis di tautan https://mdi.vc/whitepaper/entercvc atau di website resmi MDI Ventures (mdi.vc).

MDI Ventures saat ini memiliki komitmen valuasi mencapai 830 juta dollar AS. Investasi MDI Ventures antara lain ke startup Privy yang memiliki spesialisasi sebagai Startup penyedia layanan tanda tangan dan identitas digital. Serta ke startup Zenlayer, startup penyedia layanan cloud yang berpusat di Los Angeles, Mumbai, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com