Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Tidak Penting yang Bikin Gaji Cepat Habis, Apa Saja?

Kompas.com - 07/10/2023, 18:53 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum tengah bulan tapi gaji keburu habis menjadi salah satu risiko ketika kamu tidak bisa mengelola gaji dengan baik.

Alhasil, tak jarang yang menjadi jalan pintasnya adalah berutang. Padahal, sering sekali gaji cepat habis untuk keperluan yang tidak penting namun dirasa penting.

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Sabtu (7/10/2023), berikut adalah 5 hal yang enggak penting yang buat gaji cepat habis.

Baca juga: Tips Meminta Kenaikan Gaji

Ilustrasi cilok bumbu kacang untuk camilan di rumah, jajanan anak SD populer.DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H Ilustrasi cilok bumbu kacang untuk camilan di rumah, jajanan anak SD populer.

1. Jajan cemilan

Kamu tanpa sadar sering ngemil makanan kecil yang harganya tidak seberapa, misalnya cilok, batagor, es cendol. Mungkin harga dari cemilan tersebut tidak lebih dari Rp 10.000, tapi jika setiap hari kamu beli cemilan tersebut, uang kamu bisa habis setidaknya Rp 200.000 per bulan untuk cemilan ‘kecil’.

Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Daripada kamu jajan terus, kamu bisa menyediakan bekal dari rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu menghadapi godaaan jajan cemilan di kantin.

2. Berburu barang diskon, yang sebenarnya tidak terlalu penting

Perempuan atau laki-laki, ketika melihat barang diskon langsung terpincut hatinya untuk membeli. Apalagi sekarang sudah banyak situs belanja online yang sering buat promosi.

Baca juga: Lima Cara Hemat Belanja Online agar Gaji Tak Numpang Lewat

Beberapa orang di Indonesia memiliki budaya konsumtif yang cukup tinggi, selain itu kita juga lebih sering melihat harganya di bandingkan dengan kualitasnya.

Akibatnya, barang yang kita beli sering rusak, dan jika dihitung-hitung biaya yang kita keluarkan justru lebih banyak dari harga barang yang awalnya kita kira mahal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com