Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi soal Harga Beras Naik: Petani Senang, Konsumen Enggak Senang

Kompas.com - 14/10/2023, 22:18 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Harga beras terus mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Harga makanan paling pokok di di Tanah Air ini sudah mencapai Rp 14.000 per kg untuk kualitas sedang.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut kondisi kenaikan harga beras sejatinya bisa ikut menyejahterakan petani. Meski di sisi lain sebagian konsumen merasa dirugikan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bilang, harga jual gabah pun tergolong tinggi yang bisa mencapai Rp 7.300 per kg, sehingga memberi keuntungan kepada petani.

"Harga gabahnya sekarang senang semua petani, Rp 7.300, Rp 7.400, Rp 7.200 ya semua petani senang tapi ada yang enggak senang konsumennya," beber Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI pada Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Ironi RI: Tahun Lalu Impor Beras, Tahun Ini Impor, Tahun Depan Impor Lagi

Jokowi sendiri sudah memantau langsung perkembangan harga beras dan gabah dengan blusukan ke Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di sana, ia berdialog dengan para petani gabah.

“Ini yang saya melihat ke bawah itu untuk memastikan bahwa produksi itu masih baik, tapi memang turun karena Super El Nino, tapi masih baik,” ungkap dia.

Ia pun menyampaikan bahwa kondisi panen yang ada di wilayah Kecamatan Sukra tersebut tergolong baik dengan didukung oleh irigasi teknis yang bagus sehingga mampu menghasilkan rata-rata 8,6 ton per hektare.

“Ya baik ini, kalau kemarin di Subang, (sekarang) di Indramayu saya kira karena memang ini irigasi teknisnya masih sangat bagus, ini saya tadi tanyakan kepada petani satu hektare bisa delapan hingga sembilan ton, rata-rata 8,6 ton per hektare,” jelas Jokowi.

Baca juga: Kata Buwas, Impor Beras dari China Jadi Opsi Terakhir

Jokowi bilang, guna menurunkan dan menjaga kestabilan harga beras, pemerintah akan terus menambah cadangan beras yang ada di Bulog meski saat ini sudah terdapat 1,7 juta ton. Salah satunya dengan impor beras.

"Cadangan di Bulog 1,7 (juta ton) dan akan datang lagi kira-kira 500, 600 ribu ton. Artinya cadangan pangan kita kondisinya aman, tapi memang kita tetap butuh beras ini juga untuk masuk ke pasar agar harga bisa turun sedikit demi sedikit," ucap Jokowi.

Sementara itu, Kementerian Pertanian sampai hari ini masih ngotot produksi dalam negeri yang ditambah impor membuat Indonesia bisa surplus. Meski faktanya di lapangan harga beras tetap tinggi.

Mengutip Harian Kompas dari data Kementan, total produksi beras Januari-Desember 2023 tercatat 30,83 juta ton. Ditambah total beras impor Bulog 2,9 juta ton, stok akhir tahun diperkirakan 33,73 juta ton.

Baca juga: Impor Beras dan Janji Swasembada yang Berulang Kali Diucapkan Jokowi

Dengan kebutuhan setahun 30,84 juta ton, berarti akhir tahun masih akan ada surplus 2,89 juta ton. Data yang dirilis Kementan ini pun dipertanyakan karena dinilai tidak akurat.

Rencana impor beras dari China

Sebelumnya Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso atau akrab disapa Buwas, recana mendatangkaan beras impor dari China menjadi solusi menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Kami antisipasi El Nino. Prediksinya kan Januari, Februari, Maret, belum ada panen atau panennya mundur semua,” kata Buwas di Jakarta dikutip dari Antara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com