Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceria, Paylater BRI, Tawarkan Limit Kredit Sampai Rp 50 Juta

Kompas.com - 16/10/2023, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memiliki pinjaman digital dengan konsep beli sekarang dan bayar nanti (Buy Now Pay Later) bernama Ceria.

Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan, Ceria merupakan pinjaman digital yang ditujukan bagi nasabah BRI untuk melakukan pembayaran transaksi di platform kerja sama dan nasabah juga dapat mencairkan pinjaman Ceria ke rekening BRI.

"Sejak diluncurkan pada 2019, jumlah pengguna Ceria naik sebanyak 120 persen year on year (yoy) pada periode Agustus 2022–2023," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Senin (16/10/2023).

Baca juga: 4 Bank ini Punya Produk Paylater, Simak Bunga dan Promonya

Ia menambahkan, pertumbuhan pengguna tersebut juga mendorong transaksi Ceria dengan kenaikan tahunan (year on year) di periode yang sama sebesar 140 persen.

"Dengan bunga ringan, nasabah bisa menikmati pembayaran di banyak merchant,” imbuh dia.

Handayani menjelaskan, pengajuan kredit digital Ceria tidak lebih dari 10 menit, legalitas yang jelas, aman, dan terdaftar di OJK.

Kredit digital Ceria dari BRI juga bebas biaya administrasi (membership fee). Adapun bunga yang ditawarkan adalah 1,99 persen flat per bulan.

Sedangkan, tersedia cicilan dengan tenor 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan serta banyak promo di merchant.

"Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan pengguna, Ceria meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lebih besar yaitu dengan pemberian limit Ceria menjadi Rp 50 juta," ujar Handayani.

Baca juga: Pemanfaatan Paylater: Bijak agar Tak Terjebak


Limit tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk pencairan pinjaman Ceria secara langsung, tapi juga bisa menjadikan Ceria sebagai pilihan untuk pembayaran (payment option) di sejumlah platform e-commerce pada saat checkout pembelian produk.

Beberapa tempat yang dapat dipilih seperti di Dinomarket, Garuda, LinkAja, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Radatime, Realme, Myhartono, dan Panorama JTB.

Nasabah yang mau menggunakan kredit digital Ceria dari BRI dapat mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Google Play Store untuk pengguna Android.

Bagi yang sudah menjadi nasabah BRI dan memiliki aplikasi BRImo, maka nasabah dapat menikmati Ceria di aplikasi BRImo. Untuk memiliki akun Ceria, nasabah hanya perlu mendaftar dengan nomor handphone dan melengkapi data dan dokumen yang diperlukan.

Baca juga: Serupa KTA, OJK Sebut Paylater Bank Hanya Strategi Pemasaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com