Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merespons Panggilan Interview Kerja Beserta Contohnya

Kompas.com - 17/10/2023, 15:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua lowongan kerja yang sudah dilamar, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah mendapatkan panggilan interview.

Oleh sebab itu ketika telah mendapatkan panggilan interview, usahakan Anda meresponsnya dengan baik. Sebab jika ada yang keliru, peluang Anda mendapat pekerjaan impian bisa menjadi semakin kecil.

Sebelum melaju ke tahap interview dan menghadapi semua pertanyaan wawancara kerja, respons yang Anda berikan saat mendapat panggilan bisa menentukan posisi Anda di antara kandidat lainnya.

Jadi, jawaban dan cara Anda menjawab saat mendapatkan undangan interview kerja cukup penting. 

Mengutip dari laman JobStreet, Selasa (17/10/2023), berikut adalah tips merespons panggilan interview kerja beserta contohnya:

Baca juga: Cara Jawab Pertanyaan tentang Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

1. Balas sesegera mungkin

Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk membalas panggilan interview kerja, jangan sampai lewat dari 24 jam. Kecepatan Anda dalam membalas akan memberi kesan baik di mata perusahaan.

Jika Anda membalas dengan cepat, maka akan dinilai memiliki semangat dan antusiasme untuk bekerja bersama mereka. Selain itu, Anda juga akan dinilai sebagai kandidat yang bisa menghargai waktu.

Cek inbox di email Anda secara berkala dan aktifkan notifikasi supaya panggilan interview kerja tidak terbengkalai.

2. Menghormati pengirim

Tulislah balasan Anda dengan cara yang sopan dan profesional, hormati pengirim dengan menyebut namanya. Kalau tidak ada keterangan nama pengirim, kamu bisa memanggil berdasarkan posisi atau jabatan pengirim, misalnya Tim HR perusahaan XYZ.

Selain itu, Anda bisa mengikuti cara mereka menulis. Contohnya, kalau mereka memanggil Anda dengan panggilan atau honorifik “Bapak/Ibu” atau “Kak”, Anda bisa melakukan hal yang sama.

3. Konfirmasi perincian interview Kerja

Buatlah bagian khusus di badan email sebagai tempat untuk melakukan konfirmasi ulang perincian interview. Mengonfirmasi ulang tanggal, waktu, serta platform atau aplikasi yang digunakan dapat menghindarkan Anda dari kesalahan.

4. Tunjukan antusiasme

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com