Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Buka Lowongan Kerja Lulusan D3 hingga S2, Ini Infonya

Kompas.com - 17/10/2023, 16:12 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia membuka lowongan pekerjaan (loker) dari berbagai jurusan lulusan D3, D4/S1, dan S2.

Pendaftaran rekrutmen eksternal gelombang III sudah dibuka, yang akan berlangsung sampai 21 Oktober 2023 secara online melalui laman https://rekrutmen.kai.id.

Formasi yang dibuka dalam rekrutmen kali ini antara lain operasional, pemeliharaan sarana-prasarana, paramedis, dokter, psikolog, dan administrasi.

"KAI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarier di KAI melalui rekrutmen ini," kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh

Tingkat pendidikan dan jurusan

Tingkat pendidikan dan jurusan yang dibuka dalam rekrutmen kali ini sebagai berikut:

- Lulusan D3

Jurusan yang dibutuhkan meliputi Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Administrasi Publik/Negara, Akuntansi, Arsitektur, Logistik, Manajemen, Manajemen Informatika, Pariwisata, Perhotelan, Perkeretaapian, Planologi/Perencanaan Wilayah dan Kota, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Statistik, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Teknik Fisika, Teknik Konversi Energi, Teknik Listrik, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Keperawatan.

- Lulusan D4/S1

Jurusan yang dibutuhkan meliputi Administrasi Bisnis, Akuntansi, Desain Komunikasi Visual, Hukum, Logistik, Manajemen, Manajemen Transportasi Darat, Multimedia, Pariwisata, Perhotelan, Perkeretaapian, Perpajakan, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Statistik, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Teknik Fisika, Teknik Konversi Energi, Teknik Listrik, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Telekomunikasi, Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi.

- Lulusan S2

Jurusan yang dibutuhkan adalah Psikologi.

Baca juga: Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 300 Ribu, Ini Cara Belinya

Syarat dan tahapan rekrutmen KAI

Rekrutmen dibuka untuk warga negara Indonesia (WNI), yang sudah mempunyai ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) dengan IPK minimal 3,0.

Pelamar dengan tingkat pendidikan D3 minimal berusia 20 tahun dan maksimal 27 tahun, sedangkan tingkat pendidikan D4/S1/S2 minimal berusia 21 tahun dan maksimal 30 tahun.

Nantinya peserta rekrutmen PT KAI yang lolos harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI.

Tahapan seleksi rekrutmen PT KAI meliputi seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.

Pelamar yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi kesehatan awal yang dijadwalkan pada 27 Oktober 2023 melalui laman https://rekrutmen.kai.id.

Baca juga: Cara Pesan Makan atau Minum di Kereta Lewat KAI Access

Masyarakat diimbau agar mewaspadai terhadap segala jenis bentuk yang terindikasi penipuan dengan mengatasnamakan rekrutmen KAI, serta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta.

Seleksi pegawai PT KAI tidak dipungut biaya apa pun dan tak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agen travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ini.

Untuk informasi selengkapnya terkait rekrutmen KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“KAI berkomitmen melaksanakan rekrutmen ini dengan transparan berdasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) untuk mewujudkan perkeretaapian indonesia yang makin maju,” pungkas Joni.

Baca juga: PT Kereta Cepat Indonesia China Buka 9 Lowongan Kerja, Klik kcic.co.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com