Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kecelakaan KA Argo Semeru, Banyak Penumpang Batalkan Tiket Kereta

Kompas.com - 18/10/2023, 09:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih mengevakuasi sarana kereta api yang terdampak anjloknya KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir di Kulon Progo, DI Yogyakarta pada Selasa (17/10/2023).

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, pagi ini jalur kereta yang terdampak masih belum dapat beroperasi normal lantaran masih ada kereta yang belum dievakuasi.

Hal ini mengakibatkan banyak penumpang yang membatalkan tiket kereta di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Jebres yang merupakan stasiun persimpangan.

Baca juga: Kemenhub Masih Dalami Penyebab Insiden KA Argo Semeru Anjlok

"Daop 6 memohon doa kepada masyrakat agar jalur KA dapat segera dinormalisasi sehingga lalu lintas KA dapat pulih kembali," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2024).

Dia mengungkapkan, hingga pukul 05.00 WIB, kereta yang masih berada di jalur KA dan menunggu dievakuasi berjumlah 6 kereta, dengan rincian dua kereta rangkaian KA Argo Wilis dan empay rangkaian KA Argo Semeru.

Puluhan petugas masih terus berupaya untuk mengevakuasi kereta yang tersisa agar jalur KA dapat segera beroperasi kembali.

Baca juga: Penumpang KA Argo Semeru dan KA Wilis Dievakuasi Pakai 2 Kereta

Upaya evakuasi dilakukan di antaranya dengan mengangkat kereta ke jalur KA menggunakan alat berat hingga memperbaiki jalur agar kereta dapat ditarik. Tim evakuasi juga masih berusaha untuk mengangkat kereta yang anjlok mengenai rangkaian KA Argo Wilis.

"Evakuasi pada sore hingga pagi ini dipantau langsung oleh Direktur Pengelolaan Prasarana KAI, Direktur Operasi KAI, dan EVP 6 Yogyakarta," ucapnya.

Sementara itu sejumlah KA keberangkatan awal Daop 6 dilakukan rekayasa memutar jalur atau batal sebagian perjalanannya diantaranya Argo Dwipangga, Taksaka, Senja Utama Solo, Senja Utama Yk, Lodaya, Sancaka, Bengawan, Manahan, Gajahwong, Jaka Tingkir, dan lain-lain.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, 5 Perjalanan Kereta Putar Arah

Sebagai informasi, insiden ini bermula ketika KA Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 relasi Surabaya Gubeng-Gambir mengalami anjlokan di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates KM 52044 pada Selasa (17/10) pukul 13:15 WIB.

Selang beberapa waktu kemudian, pada pukul 13:25 WIB rangkaian KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. Akibat hal tersebut, petak lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah.

Pada kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa. Adapun korban luka ringan yang dialami penumpang KA berjumlah 4 orang, dimana 1 orang menjalani rawat inap sementara 3 orang melakukan rawat jalan.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, KAI: Tidak Ada Korban Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com