Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Melaju Pagi Ini, Rupiah Melemah

Kompas.com - 18/10/2023, 10:03 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada awal perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (18/10/2023). Hal ini berbeda dengan mata uang garuda yang melemah pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.20 WIB, IHSG berada pada level 6.954,52 atau naik 0,21 persen (14,9 poin) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.939,61.

Sebanyak 206 saham melaju di zona hijau dan 211 saham di zona merah. Sedangkan 212 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,5 triliun dengan volume 2,9 miliar saham.

Baca juga: Intip Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi investasi saham.UNSPLASH/AUSTIN DISTEL Ilustrasi investasi saham.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Maximilianus Nico Demus mengatakan, IHSG hari ini berpeluang menguat terbatas.

Sentimen yang membayangi pasar muncul dari data ekonomi China yang akan dirilis hari ini, dan volatilias pasar akibat kondisi geopolitik.

Dia menilai, data ekonomi China berpotensi akan menggerakan pasar karena perlambatan ekonomi China kian menjadi sorotan. Sebagai negara besar, China memiliki dampak terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

Di sisi lain, ketidakpastian global akibat konflik Israel dan Hamas masih memberikan volatilitas di pasar, sehingga penguatan IHSG bisa sedikit mengalami tekanan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Berakhir di Zona Hijau

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan support dan resistance di level 6.900 hingga 6.975. Ketidakpastian dari geopolitik, akan memberikan tekanan kembali pada hari ini, sehingga berpotensi menyebabkan koreksi,” ujar Maximilianus dalam analisisnya.

Pasar saham Asia pagi ini mayoritas bergerak pada teritori negatif. Indeks Nikkei Jepang turun 0,24 persen (77,6 poin) pada level 31.962,69, sementara indeks Shanghai Komposit melemah 0,38 persen (11,7 poin) pada level 3.071,76.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com