Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 07:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu harus menolak tawaran kerja yang sudah sempat kamu ambil, maka sangat penting untuk bertindak cepat dan profesional.

Segera hubungi pihak perekrut dan pastikan kamu memiliki alasan yang kuat karena hal ini dapat memengaruhi hubungan kamu dengan perusahaan di masa depan.

Ada beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin menolak tawaran kerja. Di antaranya adalah karena mendapatkan tawaran yang lebih sesuai di perusahaan lain, perubahan tiba-tiba dalam kehidupan personal seperti pindah rumah atau keadaan darurat keluarga lainnya atau merasa bahwa pekerjaan yang diambil atau perusahaan yang menawarkan ternyata tidak sejalan dengan nilai atau visi pribadi kamu.

Namun sebelum kamu menolak tawaran kerja tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Baca juga: 9 Alasan Profesional untuk Resign dari Kantor

Mengutip dari halaman resmi JobStreet, Jumat (20/10/2023), berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menolak tawaran kerja yang sudah kamu ambil.

1. Tinjau kembali keputusan

Menolak tawaran kerja yang sudah diambil adalah keputusan yang besar, jadi pastikan kamu sudah mempertimbangkan kembali alasan kenapa kamu ingin menolak tawaran tersebut.

Jika kamu ragu dengan pilihanmu, kamu bisa berdiskusi dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau rekan.

2. Baca kembali surat penawaran

Baca dan tinjau kembali surat penawaran yang sudah kamu terima. Perhatikan setiap ketentuan yang tercantum di sana, khususnya mengenai pembatalan atau penolakan penawaran.

Pastikan kamu sudah memahami konsekuensi yang mungkin timbul dari penolakan tersebut.

3. Berikan pemberitahuan dengan segera

Segera berikan pemberitahuan kepada pihak perusahaan bahwa kamu tidak bisa menerima posisi yang ditawarkan. Menunda atau menunggu hingga saat terakhir akan memberikan kesan yang tidak baik dan malah merugikan perusahaan karena mereka butuh waktu untuk mencari kandidat lain.

4. Siapkan alasan yang kuat

Jangan menolak tawaran kerja yang diambil tanpa alasan yang kuat. Fokus pada alasan profesional dan hindari memberikan detail alasan yang terlalu pribadi atau malah negatif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com