Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelian Kendaraan Listrik di Mandiri Utama Finance Meningkat

Kompas.com - 20/10/2023, 16:10 WIB
Reni Susanti,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Pembelian kendaraan listrik khususnya motor dan mobil listrik di Mandiri Utama Finance (MUF) tahun ini mengalami peningkatan.

Yanto Tjia Marketing SEVP MUF mengatakan, permintaan kendaraan naik 5-7 persen. Presentase ini diprediksi naik jelang akhir tahun 2023.

"Tahun lalu sampai Desember ini ada permintaan mobil sekitar 1,05 juta, sedangkan untuk tahun ini bisa mencapai 1,1 juta. Untuk motor itu permintaan 5,3 juta tahun lalu dan 2023 dprediksi bisa capai 5,8 juta," kata Yanto dalam acara MUF Auto Fest 2023, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Kemenperin Kebut Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

Kegiatan Mandiri Utama Finance tahun ini memerhatikan anjuran Pemerintah dengan turut memiliki produk keuangan berkelanjutan untuk pembiayaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dan battery electric vehicle (BEV) maupun hybrid electric vehicle (HEV).

Yanto menjelaskan, sepanjang Januari-September 2023, pihaknya menyalurkan pembiayaan kendaraan listrik dan hybrid sebanyak 481 unit atau senilai Rp 114 miliar.

"Kita tawarkan beberapa merk kendaraan seperti BMW, Mini Copper, Hyundai, maupun Wuling. Semua segmen kendaraan ada dari yang menengah hingga atas," kata dia.

Menurutnya, gelaran pameran mobil dan motor yang dilakukan secara hybrid (offline dan online) ini memberikan pilihan kredit otomotif dengan penawaran terbaik untuk masyarakat Jawa Barat.

Baca juga: Sepi Peminat, Kredit Kendaraan Listrik Terganjal Harga Tinggi dan Jumlah SPKLU

Di MUF Auto Fest 2023, pengunjung akan mendapatkan berbagai program dan penawaran spesial untuk pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah.

Jawa Barat, sambung Yanto, telah lama menjadi salah satu potensi pasar terbesar bagi MUF. Melalui pameran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik pada layanan pembiayaan untuk kendaraan bermotor, baik yang konvensional maupun syariah.

"Kami mengundang mahasiswa untuk memberikan edukasi keuangan kepada segmen mahasiswa, generasi milenial dan juga gen Z," ungkap dia.

Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi keuangan sehingga mahasiswa serta generasi milenial dan gen Z lebih bijak dalam memanfaatkan fasilitas lembaga keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Baca juga: Kebutuhan Nikel untuk Kendaraan Listrik Diperkirakan Naik 25.133 Ton di 2025

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com