Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timbulnya Barang-barang Ekonomi Disebabkan oleh Apa?

Kompas.com - 22/10/2023, 12:29 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Dalam hukum ekonomi, timbulnya barang barang ekonomi disebabkan oleh sumber pemuas kebutuhan yang terbatas. Barang yang ketersediaannya terbatas di pasar disebut barang ekonomi.

Mengutip Buku Pengantar Ilmu Ekonomi karya Agoes Parera, barang ekonomi atau economic goods merupakan barang yang mempunyai kegunaan dan langka karena jumlah yang tersedia lebih sedikit daripada jumlah yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sifat barang ekonomi

Barang ekonomi atau juga biasa disebut barang langka, adalah barang atau jasa yang memiliki nilai dalam perekonomian dan memiliki sifat-sifat berikut:

Baca juga: Dampak Negatif Inflasi bagi Produsen atau Rumah Tangga Perusahaan

1. Keterbatasan atau kekurangan

Barang ekonomi langka atau terbatas, artinya pasokan mereka tidak cukup untuk memenuhi semua keinginan atau kebutuhan manusia. Dalam keadaan ideal, barang ekonomi langka adalah yang memiliki pasokan terbatas dibandingkan dengan permintaan.

2. Punya nilai

Barang ekonomi memiliki nilai ekonomi karena manusia menghargainya dan bersedia membayar untuk mendapatkannya. Nilai ini dapat berfluktuasi berdasarkan faktor-faktor seperti pasokan, permintaan, dan preferensi individu.

3. Diperdagangankan

Barang ekonomi sering diperdagangkan dalam suatu pasar, baik secara fisik maupun melalui transaksi keuangan. Mereka dapat dibeli dan dijual antara individu, perusahaan, atau negara.

4. Alokasi sumber daya

Perekonomian harus mengalokasikan sumber daya terbatas untuk memproduksi dan mendistribusikan barang ekonomi. Karena ini alokasinya harus diatur terkait apa yang harus diproduksi, seberapa banyak, dan untuk siapa.

Baca juga: Penyebab Adanya Inflasi pada Masa Awal Kemerdekaan Indonesia

Jenis barang ekonomi

Barang ekonomi dapat dibagi menjadi dua kategori utama:

1. Barang konsumsi

Barang konsumsi adalah barang atau jasa yang dibeli oleh individu atau rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau konsumsi. Contoh barang konsumsi termasuk makanan, pakaian, perumahan, dan hiburan.

2. Barang produksi atau barang modal

Barang produksi adalah barang atau jasa yang digunakan dalam proses produksi barang dan jasa lainnya. Barang modal ini biasanya dibeli oleh perusahaan atau produsen untuk menghasilkan barang atau jasa. Contoh barang produksi termasuk mesin, peralatan, bahan baku, dan tenaga kerja.

Kesipulannya, timbulnya barang barang ekonomi disebabkan oleh sumber pemuas yang terbatas. Di sisi lain barang yang ketersediaannya terbatas di pasar disebut sebagai barang ekonomi.

Dalam hukum ekonomi, timbulnya barang barang ekonomi disebabkan oleh keterbatasan sumber daya untuk pemuas kebutuhan manusia.dok. Istimewa Dalam hukum ekonomi, timbulnya barang barang ekonomi disebabkan oleh keterbatasan sumber daya untuk pemuas kebutuhan manusia.

Baca juga: Apa Itu Inflasi: Pengertian, Penyebab, dan Dampak Buruknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com