Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ciptakan Lingkungan Kerja Infklusif, Bank Mandiri Terapkan Respectful Workplace Policy

Kompas.com - 03/11/2023, 19:47 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan produktif demi mendorong keberlanjutan perusahaan. 

Upaya tersebut selaras dengan Surat Edaran (SE) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor SE-3/MBU/04/2022 tentang Kebijakan Berperilaku Saling Menghargai di Tempat Kerja atau Respectful Workplace Policy (RWP) di Lingkungan BUMN.

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bank Mandiri Agus Dwi Handaya mengatakan, Bank Mandiri telah memiliki aturan/pedoman yang mengedepankan sikap saling menghormati, bebas dari diskriminasi, kekerasan maupun pelecehan untuk menjalankan RWP. 

“Selain melindungi harkat dan martabat manusia, tujuan implementasi RWP juga untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (2/11/2023). 

Agus menambahkan, kebijakan tersebut juga sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip environment, social, and governance (ESG), khususnya pada aspek sosial. 

Baca juga: Fokus pada ESG, Sustainable Loan Bank Mandiri Capai Rp 253 Triliun

Pada aspek sosial tersebut, inisiatif yang sejalan dengan pelaksanaan RWP adalah Human Rights, yakni bagaimana perusahaan mengelola dan menghormati hak asasi manusia (HAM) dalam kegiatan operasional.

Bank Mandiri menerima serta memperlakukan karyawan dengan setara tanpa memandang latar belakang etnis, jenis kelamin (gender), agama, maupun suku. 

Kebijakan kesetaraan dan keberagaman tersebut diterapkan sejak awal proses penerimaan karyawan, kemudian dilanjutkan dalam sistem pelatihan dan promosi.

“Kami percaya, keberagaman yang inklusif dapat meningkatkan kreativitas para Mandirian,”  ujarnya. 

Agus berharap, produktivitas Mandirian semakin meningkat dan terus memberikan layanan terbaik sehingga mampu mewujudkan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah.

Baca juga: Aset Bank Mandiri Tembus Rp 2.007 Triliun

Terkait kesetaraan, Bank Mandiri membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi karyawan perempuan untuk berkarya. 

Bank bersandi saham BMRI itu memastikan seluruh pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki seluruh jabatan yang ada beserta seluruh kompensasi dan benefitnya. 

Hal itu tercermin dari jumlah karyawan perempuan berkontribusi sebanyak 52 persen dari total SDM perseroan. 

Kemudian, pejabat perempuan level assistant vice president hingga direktur menyumbang 46 persen. 

Tak sampai di situ, perbandingan gaji dan fasilitas karyawan laki-laki dan perempuan setara 1:1 karena didasarkan pada kinerja.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com