BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Tempo scan

Rayakan HUT Ke-70 Tahun, Tempo Scan Usung Tema “Building the Next Frontier”

Kompas.com - 05/11/2023, 12:04 WIB
Hotria Mariana,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.comTempo Scan Group (Tempo Scan) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-70, Jumat (3/11/2023) dengan tema “Building the Next Frontier”.

Tema tersebut dipilih sebagai manifesto tentang arah dan tujuan perusahaan dalam menyongsong masa depan, khususnya saat akan memasuki usia 100 tahun atau 1 abad.

Selama 70 tahun berdiri, Tempo Scan telah melewati berbagai tantangan dan mencatat banyak prestasi atau milestone. Capaian-capaian ini membawa perusahaan untuk membuka serta merintis garis batas terdepan (new frontier) yang belum pernah dilalui atau ditempuh sebelumnya.

Salah satu capaian perusahaan farmasi dan consumer goods terbesar asal Indonesia itu adalah menjadi perusahaan terbuka (go public) pada 1994. Keputusan ini tidak untuk keuntungan finansial semata, tapi juga menciptakan transparansi finansial (financial transparency) perusahaan.

Berkat kinerja bagusnya, Tempo Scan menjadi perusahaan publik pertama di Indonesia yangmelunasi seluruh utang luar negeri pada 1999. Meski saat itu perekonomian nasional terpuruk akibat krisis moneter, perusahaan mampu membuktikan kemampuannya dalam menjaga financial credibility and trust.

Capaian berikutnya adalah pembangunan belasan pabrik di tengah kelesuan ekonomi dan maraknya masalah ketenagakerjaan. Upaya tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam membangun industri dalam negeri (domestic manufacturing independency).

Baca juga: Tempo Scan Resmikan Pabrik Bahan Baku Susu Berkapasitas 15.000 Ton di Cikarang

Tempo Scan juga sukses membangun jaringan logistik dan distribusi terintegrasi (integrated logistic capability) yang menjangkau seluruh Nusantara dengan mengandalkan enterprise resource planning (ERP) dan system application and product (SAP) pada lebih dari 200 pusat distribusi (distribution centers) dan cabang. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjangkau seluruh konsumen di Indonesia.

Bahkan, produk-produk Tempo Scan telah menjangkau konsumen di Malaysia, Thailand, Filipina, dan Afrika.

Selain itu, Tempo Scan pun berhasil merintis pembangunan industri susu formula dan pertumbuhan anak dengan brand equity domestik untuk masyarakat ekonomi lemah. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam membangun generasi bangsa selanjutnya (next generation nation building).

Tempo Scan juga turut meningkatkan digitalisasi untuk peningkatan ekonomi (economic development) usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Upaya ini dilakukan dengan membangun Tempo Digital Nusantara yang berperan dalam perluasan penjualan Tempo Scan Group berbasis online atau berfungsi sebagai e-commerce enabler. Salah satunya adalah Tempo Scan Home Delivery (TSHD).

Diisi dengan berbagai kegiatan

Perayaan ulang tahun Tempo Scan diawali dengan perkenalan layanan terbarunya, yaitu THSD mobile apps solution, melalui salah satu anak perusahaan, PT Tempo Digital Nusantara.
THSD adalah aplikasi mobile belanja online khusus produk-produk Tempo Scan. TSHD diluncurkan secara perdana pada 2020 saat pandemi Covid-19 dan terus diperkuat dengan hadirnya mobile app TSHD demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen kala berbelanja.

Sebagai informasi, mobile app TSHD dikembangkan sepenuhnya oleh karyawan dan karyawati Tempo Scan Group yang andal dan kompeten di bidangnya.

Guna menyemarakkan hari jadi, Tempo Scan juga akan menggelar “5K Fun Walk Celebration 70 Tahun Tempo Scan” pada Minggu (5/11/2023) pagi. Jalan santai ini diikuti oleh jajaran direksi, manajemen, serta sekitar 2.000 karyawan dan karyawati Tempo Scan dari wilayah Jabodetabek. Pelaksanaannya dilakukan di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan jalur Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Baca juga: Laporan Keuangan Tempo Scan 2022: Laba Bersih Naik 21,6 Persen

Kegiatan tersebut juga akan diisi dengan senam bersama, hiburan musik, dan berbagai macam booth di area Plaza Timur GBK, yang bisa dikunjungi mulai dari jam 08.00-10.00 WIB.
Pada acara tersebut, Presiden Komisaris dan Founder Tempo Scan Handojo S Muljadi akan memberikan pin apresiasi kepada perwakilan karyawan dan karyawati sebagai tanda apresiasi atas dedikasi serta karya yang diberikan selama beberapa dekade kepada perusahaan.

“Kami sangat menghargai kerja keras dan dedikasi 12.000 pekerja yang turut membangun Tempo Scan sehingga bisa terus bertumbuh dan berkembang, serta mewujudkan sekaligus memperkuat integrated business ecosystem sampai lahir inovasi produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia,” ujar Handojo dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

Tempo Scan juga turut berkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) pada rangkaian perayaan ulang tahunnya. Adapun kontribusi tersebut berupa pemberian bantuan produk susu pertumbuhan anak Vidoran Xmart dan My Baby Minyak Telon Plus kepada 700 anak yatim piatu di tujuh panti asuhan wilayah Jabodetabek.

Produk-produk Tempo Scan Group telah menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia. (Dok. Tempo Scan) Produk-produk Tempo Scan Group telah menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia.

Perjalanan dan capaian Tempo Scan

Tempo Scan memulai usahanya sebagai perusahaan penyalur produk farmasi dengan entitas Perusahaan Dagang Tempo pada 1953.

Pada 1970, Tempo Scan baru memulai kegiatan manufaktur dengan membangun pabrik farmasi di bawah PT Scanchemie.

Fasilitas ini digunakan untuk memproduksi produk farmasi komersial dalam skala besar. Seiring waktu berjalan, yakni pada 1977, Tempo Scan mulai memproduksi produk kosmetik dan consumer products.

Kiprah Tempo Scan dalam industri manufaktur dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas produksi farmasi yang dilengkapi dengan teknologi modern dan terintegrasi di Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas ini mulai berproduksi pada 2006. Kini, Tempo Scan telah memiliki belasan pabrik di dalam negeri yang memproduksi hampir semua produk-produknya.

Adapun fasilitas produksi terakhir terbaru yang dibangun adalah fasilitas produksi bahan baku (upstream production facility) susu formula (infant formula) dan susu pertumbuhan (growing up milk). Fasilitas yang berada di Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang, Jawa Barat, ini diresmikan pada Maret 2023.

Produk unggulan pemimpin pasar

Tempo Scan telah berhasil memproduksi berbagai produk farmasi, consumer products, nutrisi dan kosmetika dengan merek-merek yang lahir dan tumbuh berkembang di Indonesia. Bahkan, beberapa produknya menguasai volume pangsa pasar (market share) di kategori masing-masing.

Baca juga: Tempo Scan Realisasikan 100 Persen Bantuan Sebesar Rp 17,5 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

1. bodrex

Obat sakit kepala dengan tagline “ahlinya sakit kepala” ini telah hadir selama lebih dari 50 tahun. Obat sakit kepala bodrex pun menjadi pilihan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi serta berhasil menduduki peringkat volume market share nomor1di Indonesia.

2. hemaviton

Produk multivitamin dewasa ini telah hadir selama lebih dari 40 tahun dan menduduki peringkat volume market share nomor1di Indonesia di segmen stamina.

3. MY BABY Minyak Telon Plus

Produk minyak telon pertama yang memberikan perlindungan antinyamuk ini menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia. My Baby Minyak Telon Plus diproduksi Tempo Scan dengan memadukan kekayaan alam Indonesia dan inovasi terdepan.

4. MY BABY Powder

Produk bedak tabur bayi yang menjadi pilihan para ibu Indonesia ini juga menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia.

5. Marina

Produk hand body lotion yang sejak lama menjadi sahabat perempuan Indonesia ini menempati menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia dalam pasar produk perawatan tubuh.

Baca juga: Kucurkan Rp 17,5 Miliar, Tempo Scan Group Bantu Lawan COVID-19 di Indonesia

Selainitu, susu vidoran yang merupakan pemain baru di kategorinya juga berhasil menjadi merek susu pertumbuhan yang disukai masyarakat Indonesia. Produk ini sukses menduduki peringkat kedua di pangsa pasar kategori susu bubuk Infant Formula Follow On dan Growing Up Milk (IFFO GUM) Regular Mainstream.

“Pencapaian tersebut didapat berkat kerja keras dan dedikasi karyawan. Kami tidak berhenti di sini. Kami akan terus mengembangkan bisnis dengan inovasi yang tidak terbatas, ‘Building the Next Frontier’,” ucap Presiden Direktur Tempo Scan I Made Dharma Wijaya.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com