Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Sekjen Kemenaker Temui Gubernur Prefektur Miyagi, Bicarakan soal Pelaksanaan MoC PMI di Jepang

Kompas.com - 08/11/2023, 19:55 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Prefektur Miyagi Yoshihiro Murai di Sendai, Jepang, Rabu (8/11/2023).

Pertemuan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut implementasi memorandum of cooperation (MoC) tentang percepatan penempatan dan penerimaan pemagangan teknis Indonesia, pekerja berketerampilan khusus, dan teknisi ke Jepang.

"Pemerintah Indonesia sangat mendukung realisasi implementasi MoC," kata Anwar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Anwar berharap, pemerintah Prefektur Miyagi dapat berkolaborasi bersama Kemenaker dalam menyusun pengaturan proses bisnis atau technical arrangement sebagai pedoman dalam penempatan dan perlindungan para peserta program specified skilled workers (SSW), pelatihan magang teknis, dan teknisi ke Jepang.

Baca juga: Kemenaker Terus Tingkatkan Program Pemagangan di Jepang

Kemenaker dan Prefektur Miyagi Jepang dalam rapat pembahasan MoC tentang pemagangan tenaga kerja Indonesia di JepangDOK. Kemenaker Kemenaker dan Prefektur Miyagi Jepang dalam rapat pembahasan MoC tentang pemagangan tenaga kerja Indonesia di Jepang

"Saya harap penyusunan technical arrangement atau proses bisnis ini dapat selesai sebelum pertengahan 2024 agar implementasi MoC dapat segera terealisasi," ujar Anwar.

Untuk diketahui, Kemenaker dan Pemerintah Prefektur Miyagi sepakat menjalin kerja sama percepatan penempatan dan penerimaan pemagangan teknis Indonesia, SSW, dan teknisi ke Jepang.

Kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh kedua belah pihak dalam MoC pada Jumat (28/7/2023).

Lebih lanjut, kerja sama tersebut dilakukan guna mempercepat efektivitas fasilitas bagi program pelatihan, penempatan, dan penerimaan tenaga kerja Indonesia di Prefektur Miyagi.

Baca juga: Lantik DPP APKI, Kemenaker Ingin Mereka Bantu Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com