Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan, PTPN III Kolaborasi dengan PLN

Kompas.com - 09/11/2023, 20:13 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Perkebunan Nusantara atau PT PTPN III (Persero) menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) terkait penyediaan tenaga listrik bagi pabrik kelapa sawit perseroan.

Lewat kolaborasi ini PTPN III juga berencana meningkatkan aspek keberlanjutan perseoran.

Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III Mahmudi mengatakan, hingga saat ini sebanyak 8 dari 68 pabrik kelapa sawit perseroan telah dipasok oleh daya listrik PLN. Adapun daya yang terpasang di setiap pabrik ialah kisaran 1.700 hingga 2.175 kVA.

Baca juga: PTPN III Bentuk Sub Holding Baru, Targetkan Produksi 1,8 Juta Ton Minyak Goreng pada 2026

Ilustrasi minyak kelapa sawit. SHUTTERSTOCK/MERCURY STUDIO Ilustrasi minyak kelapa sawit.

"Melalui kolaborasi ini, PLN akan mendukung keandalan pasokan listrik pabrik PTPN Group melalui program layanan prioritas, guna pemenuhan kelancaran proses pengolahan," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Selain penguatan pasokan, Mahmudi bilang, perseroan juga berencana meningkatkan aspek keberlanjutan lewat pemanfaatan cangkang kelapa sawit untuk substitusi bahan bakar pembangkit listrik.

Cangkang kelapa sawit disebut memiliki kadar sulfur yang lebih rendah dari batu bara, sehingga emisi yang dihasilkan juga lebih rendah.

"Dengan adanya kerja sama ini, PLN juga akan menerbitkan Renewable Energy Certificate (REC) untuk mendukung program Environmental, social, and Governance (ESG) di PTPN Group," kata dia.

Baca juga: PTPN III Sosialisasikan Percepatan Transformasi Digital

Lebih lanjut ia bilang, saat ini perseroan sebagai induk holding di klaster perkebunan dan kehutanan, telah menjalin kerja sama dengan mitra dalam mengoperasikan pembangkit listrik tenaga biogas dan biomassa sawit dengan total kapasitas 27MW.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com