Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenko Marves Pastikan Kondisi Luhut Kian Membaik

Kompas.com - 10/11/2023, 18:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) memastikan kondisi kesehatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kian membaik.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan, kondisi Luhut semakin baik di Singapura.  Dirinya pun akan menjenguk Luhut.

"Kondisi terus recovery verry well. Saya mau terbang jenguk beliau. Nanti saya sampaikan ke beliau salam teman-teman," ujar Rachmat saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Luhut Ungkap Kondisi Terkini: Sudah Boleh Pegang Ponsel Tengok Urusan Kerja

Luhut terhitung sudah satu bulan menjalani perawatan di Singapura sejak 10 Oktober 2023. Adapun ia mulai sakit sejak 6 Oktober 2023 dan sempat dirawat di Indonesia sebelum akhirnya menjalani pemulihan kesehatan di Singapura.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada 4 November 2023, mengaku kondisinya kini sudah semakin membaik, bahkan bisa memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan pekerjaan, dari sebelumnya tidak diperbolehkan memegang ponsel agar fokus pemulihan.

"Progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini. Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya," ungkap dia.

Menurut Luhut, keputusan untuk menjalani perawatan di Singapura ketimbang di Indonesia didasari oleh saran dari keluarga dan para sahabatnya agar bisa mendapatkan pemulihan yang lebih optimal di Singapura.

Maka pada hari-hari pertama menjalani pengobatan di Singapura, kata Luhut, dirinya hanya boleh ditemani seorang ajudan, anak, dan istri. Bahkan, selama perawatan di masa-masa awal, ia tidak diperkenankan menerima tamu yang hendak membesuknya.

Sampai-sampai, panggilan telepon pun harus melalui ajudannya. Praktis segala urusan pekerjaannya sebagai Menko Marves bisa ia tanggalkan sementara waktu dan fokus pada pemulihan kesehatan selama di Singapura.

"Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab - semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam. 'Papa, focus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.' Begitu ucapan istri dan anak saya," kata Luhut.

Menurutnya, menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, lantaran bisa fokus pemulihan dan saat ini pun progress kondisi kesehatannya semakin membaik.

Bahkan Luhut juga sudah menerima kunjungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beserta para menteri lainnya.

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," ucapnya.

Baca juga: [POPULER MONEY] Luhut Ungkap Alasannya Berobat ke Singapura | Kala Jokowi Minta WNI Jangan Berobat ke RS Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com