Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Shopee 11.11 Big Sale Tingkatkan Pesanan Ekspor Brand dan UMKM Lokal hingga 4 Kali Lipat

Kompas.com - 15/11/2023, 07:55 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga Sabtu (11/11/2023) tidak hanya dimanfaatkan brand dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk meningkatkan penjualan, tapi juga memperluas pasar hingga luar negeri.

Hal tersebut ditunjukkan dari peningkatan pesanan ekspor hingga empat kali lipat selama kampanye tersebut berlangsung.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, peningkatan tersebut tidak bisa dilepaskan dari program Ekspor Shopee yang digulirkan kepada pelaku UMKM.

Program Ekspor Shopee, lanjutnya, tidak hanya menjadi pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, tapi juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Melalui program itu, Shopee membimbing jenama dan UMKM lokal melalui program Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Brand dan UMKM lokal akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pelatihan saat mengikuti dua program tersebut, seperti memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, serta mengoptimalkan platform e-commerce Shopee.

“Kami harap, program inovatif dari Shopee tersebut dapat membantu brand dan UMKM lokal semakin maju,” kata Monica.

Peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat

Selain pesanan ekspor meningkat, Monica melanjutkan, Kampanye Shopee 11.11 Big Sale juga telah menciptakan peluang bagi jenama dan UMKM lokal dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh.

Tercatat, transaksi brand dan UMKM lokal secara keseluruhan mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat pada puncak acara kampanye Shopee 11.11 Big Sale.

Selama kampanye tersebut, kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup mendapatkan perhatian khusus dari konsumen. Berkat kelengkapan produk, promo menarik, dan penawaran spesial sepanjang kampanye, konsumen pun tertarik melakukan pembelian pada kategori tersebut.

“Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar pada akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk lokal,” jelas Monica.

Salah satu brand lokal di kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup, yakni Benang Jarum, merasakan betul kampanye 11.11 Big Sale dari Shopee.

Baca juga: Brand Lokal dan UMKM Catat Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Selama kampanye berlangsung, Benang Jarum mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat ketimbang hari biasa.

Co-Founder Benang Jarum Allyssa Hawadi bercerita, sejak bergabung dengan Shopee pada 2020, Benang Jarum selalu memanfaatkan kampanye belanja dari platform e-commerce tersebut. Strategi ini pun efektif meningkatkan penjualan. Karena itu, Allyssa mengaku senang bisa tumbuh bersama Shopee serta merasakan atmosfer positif dari penggunanya.

“Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini tidak hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap, Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” tutur Allyssa.

Selain Benang Jarum, peningkatan omzet juga dirasakan NAMA Beauty. Brand kecantikan ini mampu mencatatkan peningkatan penjualan hingga lebih dari 64 kali lipat selama kampanye 11.11 Big Sale.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com