Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Brand Lokal dan UMKM Catat Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Kompas.com - 14/11/2023, 08:02 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Platform e-commerce, Shopee, sukses menggelar kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga Sabtu (11/11/2023).

Kampanye tersebut mampu menciptakan peluang bagi jenama lokal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh.

Tercatat, transaksi brand dan UMKM lokal mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat pada puncak acara kampanye Shopee 11.11 Big Sale.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, capaian tersebut menunjukkan bahwa Shopee merupakan mitra yang tepat bagi brand dan UMKM lokal untuk melakukan penetrasi pasar digital.

Baca juga: Gelar 11.11 Big Sale TV Show, Shopee Tampikan JKT48 dan Gandeng Selebritas Tanah Air

“Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar pada akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk lokal,” jelas Monica.

Melalui 11.11 Big Sale pula, lanjutnya, konsumen dapat terdorong untuk menjelajahi produk dalam negeri. Dengan demikian, produk brand lokal dapat dinikmati masyarakat luas.

Alhasil, sepanjang kampanye 11.11 Big Sale, minat konsumen berbelanja produk lokal dan UMKM dari berbagai kategori pun mengalami lonjakan.

“Hal tersebut menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu memberikan inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, serta memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” jelas Monica.

Fitur-fitur Shopee dorong eksposur brand dan UMKM lokal

Catatan menarik terlihat dari pemanfaatan fitur-fitur Shopee selama kampanye 11.11 Big Sale.

Monica mengungkapkan, program Ekspor Shopee yang dimanfaatkan oleh brand dan UMKM lokal tercatat sukses meningkatkan pesanan ekspor lebih dari empat kali lipat selama kampanye berlangsung.

Program Ekspor Shopee, jelas Monica, tidak hanya menjadi pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, tapi juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Melalui program itu, Shopee membimbing jenama lokal dan UMKM melalui program Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Brand dan UMKM lokal akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pelatihan saat mengikuti dua program tersebut, seperti memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, serta mengoptimalkan platform e-commerce Shopee.

Kampanye 11.11 Big Sale hadirkan berbagai promo menarik. DOK. Istimewa. Kampanye 11.11 Big Sale hadirkan berbagai promo menarik.

Kemudian, fitur Shopee Live juga tercatat mengalami lonjakan penggunaan. Jumlah sesi live shopping yang dihadirkan brand dan UMKM lokal meningkat hingga enam kali lipat ketimbang hari biasa.

“Dengan memanfaatkan Shopee Live, brand dan UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dan real-time dengan pengguna Shopee. Dengan begitu, mereka dapat membangun komunitas dengan para pelanggannya,” jelas Monica.

Fitur lain yang juga diminati pengguna Shopee adalah Shopee Affiliate Program. Sepanjang kampanye 11.11 Big Sale, jumlah produk dari brand dan UMKM lokal yang dipromosikan lewat Shopee Affiliate meningkat hingga lebih dari sembilan kali lipat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com