Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Usulkan Jemaah Haji Asal Jabar Gunakan Bandara Kertajati

Kompas.com - 16/11/2023, 05:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengusulkan agar kloter jemaah haji di Jawa Barat menggunakan Bandara Kertajati untuk embarkasi dan debarkasi.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, usulan ini untuk mengurangi beban Bandara Soekarno Hatta yang pada tahun lalu melayani 142 kloter dengan jumlah jemaah haji mencapai 55.985 orang sedangkan Bandara Kertajati melayani 25 kloter dengan jumlah jemaah 9.268 orang.

Terlebih per 29 Oktober 2023 Bandara Kertajati sudah beroperasi penuh setelah sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara pindah ke Bandara Kertajati.

Baca juga: Tingkat Keterisian Pesawat di Bandara Kertajati Mencapai 75 Persen

Selain itu, hal ini juga akan lebih memudahkan jemaah asal Jawa Barat untuk menuju bandara lantaran tidak perlu jauh-jauh ke Cengkareng karena ada Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

"Pak Menhub telah berdiskusi dengan kami dan lainnya, sekiranya apabila kloter dari jemaah Jawa Barat bisa semuanya sudah beroperasi penuh embarkasi maupun debarkasinya di Kertajati," ujarnya saat RDP dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Setelah RDP dengan Komisi VIII, dia menjelaskan, akan ada sekitar 90-95 kloter jemaah haji dari Jawa Barat yang bisa berangkat maupun datang di Bandara Kertajati.

Dia menyebut, pemerintah melalui Kemenhub juga tengah mendorong agar Bandara Kertajati dapat menjadi hub haji dan umrah.

Baca juga: Bagaimana Nasib Bandara Husein Sastranegara Setelah Penerbangan Beralih ke Kertajati?

Untuk itu, dia meminta agar usulan ini dipertimbangkan oleh para pemangku kepentingan agar dapat segera diimplementasikan pada pelaksanaan ibadah haji 2024.

"Tapi kembali lagi keputusannya ada di pemerintah, tentu saja Kemenag dan kemenhub dan koordinasi dengan maskapai. Karena mereka yang nanti akan mengangkut jemaah itu kan. Kalau dalam hal ini maskapainya kan Saudi Airlines dan Garuda," ucapnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) mencatat akan ada 598 kelompok terbang (kloter) haji yang akan diberangkatkan pada masa ibadah haji 2024.

Rinciannya, penerbangan dari Banda Aceh 13 kloter, Kualanamu 23 kloter. Batam 33 kloter, Padang 18 kloter, Palembang 25 kloter, Jakarta Pondok Gede 68 kloter, Jakarta Bekasi 75 kloter, Solo 105 kloter, Surabaya 115, Banjarmasin 17, Balikpapan 18 kloter, Ujung Pandang 45 kloter, Lombok 13 kloter, Kertajati 30 kloter.

Baca juga: 5 Bandara Kelolaan AP I Layani 22 Penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com