Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kartu Debit BCA "Contactless"

Kompas.com - 20/11/2023, 15:26 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Bank Central Asia (BCA) menerbitkan kartu debit dengan fitur conctactless bagi para nasabahnya. Fitur ini membuat nasabah cukup menempelkan atau tap kartu debit ke mesin EDC berlogo contactless.

Kartu debit contactless BCA ini bisa dipakai pada mesin EDC BCA yang dilengkapi dengan teknologi pembayaran nirsentuh, baik di dalam maupun luar negeri.

Fitur contactless hanya dapat dipakai bagi para nasabah yang sudah melakukan aktivasi kartu berlogo contactless di BCA Mobile atau aplikasi myBCA.

Lantas, bagaimana cara membuat kartu debit BCA contactless?

Baca juga: Lupa Kode Akses BCA Mobile? Ini Solusinya...

Cara membuat kartu debit BCA contactless

Bagi nasabah yang sudah memiliki kartu debit BCA, bisa membuat kartu debit BCA contactless dengan menukarkan kartu debit lamanya ke kantor cabang atau CS Digital, untuk memperoleh kartu debit baru yang dilengkapi dengan fitur contactless.

Sementara itu, bagi Anda yang belum mempunyai rekening di BCA, maka perlu membuka rekening baru dan membuat kartu debit BCA berfitur contactless.

Adanya fitur contactless atau nirsentuh memberikan kemudahan dalam membayar transaksi dikarenakan tidak lagi perlu memasukkan kartu atau input PIN.

Meski begitu, kartu debit BCA tersebut juga tetap bisa digunakan untuk transaksi biasanya dengan dip kartu ke mesin EDC.

Baca juga: Cara Blokir Kartu ATM BCA secara Online

Limit transaksi kartu debit BCA contactless

Terkait limit transaksinya, batas akumulasi harian transaksi dengan kartu debit BCA contactless maksimal Rp 1 juta per kartu.

Sementara itu, untuk transaksi kartu debit BCA contactless dengan nominal di atas Rp 1 juta, wajib menggunakan PIN. Nominal transaksi contactless yang memerlukan PIN, mengikuti kebijakan masing-masing negara.

Untuk limit transaksi debit contactless tanpa PIN, nasabah bisa mengatur limitnya, dan mengaktifkan atau menonaktifkan fitur contactless melalui BCA Mobile atau aplikasi myBCA.

Baca juga: Cara Cetak Kartu ATM BCA Baru dan Syaratnya

Sebelum menggunakan kartu debit nirsentuh atau contactless, nasabah harus mengaktifkannya melalui menu kontrol debit contactless di BCA Mobile atau aplikasi myBCA.

Apabila nasabah ingin mengatur limit transaksi contactless tanpa PIN, juga bisa mengaturnya melalui menu Atur Limit Debit Contactless di BCA Mobile atau myBCA.

Perlu digarisbawahi, ketersediaan kartu debit BCA contactless tergantung pada masing-masing kantor cabang.

Demikian ulasan mengenai cara membuat kartu debit BCA contactless yang bisa digunakan secara nirsentuh di mesin EDC berlogo contactless.

Baca juga: Cara Setor Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Baca juga: Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com