Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aktifkan Kembali Rekening Pasif Bank BCA

Kompas.com - 14/09/2023, 21:39 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengaktifkan kembali rekening pasif atau rekening dormant bagi nasabah Bank Central Asia (BCA) bisa dilakukan melalui kantor cabang.

Disadur dari laman resmi Bank BCA, nasabah yang akan melakukan pengaktifan rekening pasif wajib membawa sejumlah dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM, dan KTP asli.

Untuk melakukan pengaktifkan kembali rekening pasif, nasabah perlu melakukan transaksi debet rekening di kantor cabang BCA terdekat, minimal satu kali transaksi.

Setelah itu, dalam kurun waktu 1x24 jam, rekening akan aktif kembali dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan.

Baca juga: Mulai 1 November, Ini Aturan Penutupan Rekening BCA secara Otomatis

Apa itu rekening pasif atau dormant?

Sebelum rekening ditutup secara otomatis, rekening akan terlebih dahulu menjadi rekening pasif atau dormant.

Rekening BCA dinyatakan pasif jika tak ada aktivitas perbankan, baik transaksi debit maupun kredit, selama 6 bulan berturut-turut, berlaku bagi seluruh jenis rekening seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu, SimPel BCA, Giro, hingga BCA Dollar.

Status rekening pasif membuat beberapa transaksi perbankan tidak bisa dilakukan. Transaksi keuangan hanya bisa dilakukan melalui e-channel BCA seperti myBCA, BCA Mobile, KlikBCA, dan ATM BCA, dengan limit transaksi sesuai jenis kartu ATM yang dimiliki.

Nasabah tetap bisa melakukan aktivitas melebihi limit transaksi harian melalui teller, tapi proses transaksinya perlu melalui proses override dari supervisor.

Baca juga: 2 Tabungan Anak BCA Bebas Biaya Admin

Rekening BCA tidak aktif atau ditutup

 

Per 1 November mendatang, rekening BCA akan ditutup secara otomatis oleh sistem apabila saldo Rp 0 selama 12 bulan berturut-turut.

Khusus rekening Simpanan Pelajar (SimPel BCA), penutupan rekening secara otomatis oleh sistem akan dilakukan jika rekening pasif selama 12 bulan berturut-turut dan saldo kurang dari sama dengan Rp5.000.

Perlu digarisbawahi, rekening yang sudah tidak aktif atau ditutup secara permanen tidak bisa lagi digunakan atau tidak ada aktivitas perbankan yang bisa dilakukan.

Rekening yang sudah mati pun tidak bisa menerima transfer dana dari rekening bank mana pun. Transaksi transfer ke rekening yang sudah ditutup akan dibatalkan secara otomatis, dan dana akan dikembalikan ke rekening sumber dana.

Demikian ulasan mengenai syarat dan cara mengaktifkan kembali rekening BCA pasif atau dormant. Anda dapat terus melakukan transaksi perbankan agar rekening tidak menjadi pasif, bahkan menghindari rekening ditutup secara otomatis.

Baca juga: Cara Beli SR019 di Bank BCA

Baca juga: Cara Bayar QRIS di BCA Mobile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com