BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Berawal Mimpi Bertemu Sang Pendiri, Sido Muncul Luncurkan Kopi Premium Tentrem White Coffee Berkelas Dunia

Kompas.com - 22/11/2023, 17:07 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sukses mengembangkan bisnis jamu dan produk herbal, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk kini mulai menjajaki bisnis food and beverage dengan meluncurkan produk kopi premium Tentrem White Coffee.

Bersama jajaran direksi, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat meluncurkan produk tersebut di Hotel Tentrem, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023).

Pada kesempatan itu, Irwan menyatakan ambisinya untuk mengembangkan produk Sido Muncul agar tidak berhenti pada jamu dan herbal saja.

"Sido Muncul kan awalnya hanya membuat produk jamu. Kemudian, kami kembangkan terus. Tak hanya produk jamu saja, tapi juga merambah ke food supplement dan minuman kesehatan. Sekarang, kami membuat produk kopi premium White Coffee. Setelah itu, kami akan membuat kopi herbal," ujar Irwan.

Peluncuran Kopi Tentrem di Hotel Tentrem, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023)KOMPAS.com/Titis Anis Fauziyah Peluncuran Kopi Tentrem di Hotel Tentrem, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023)

Irwan pun menceritakan kisah di balik ide pembuatan Tentrem White Coffee. Ide tersebut muncul saat ia bermalam di Hotel Tentrem pada Maret 2023.

Kala itu, Irwan bermimpi bertemu dengan pendiri Sido Muncul yang merupakan neneknya, Ny Rakhmat Sulistio.

"Saya mimpi ketemu dengan nenek saya pendiri Sido Muncul. Di dalam mimpi itu, nenek saya ambil senyum-senyum tangan kirinya memegang cangkir, dan tangan kanannya membuat tanda jempol sembari menunjuk-nunjuk ke arah cangkir tersebut. Padahal sejak nenek saya meninggal pada 1983, saya enggak pernah memimpikan," ungkap Irwan.

Irwan pun terus memikirkan makna mimpi itu tanpa henti. Keesokan paginya, ia meminta sekretaris pribadinya membuatkan kopi.

Lalu, dia menyadari bila cairan coklat dalam mimpi itu ialah kopi. Menurut penafsirannya, sang nenek meminta dirinya untuk membuat produk kopi premium yang bisa bersaing secara global.

"Saya langsung memikirkan dan rapat bersama adik-adik saya. Kami memutuskan masuk ke bisnis kopi premium dan hari ini baru kami wujudkan. Saya tak mau bikin kopi murahan yang beli satu gratis dua, tapi kopi premium yang berkelas dan bercita rasa tinggi," jelas Irwan.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama jurnalis senior Fristian Griec dan motivator ternama Merry Riana dalam peluncuran Kopi Tentrem di Hotel Tentrem, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023)KOMPAS.com/Titis Anis Fauziyah Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama jurnalis senior Fristian Griec dan motivator ternama Merry Riana dalam peluncuran Kopi Tentrem di Hotel Tentrem, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023)

Pihaknya melakukan riset dan pengembangan dengan mengerahkan tim sebanyak 230 orang selama lima bulan sejak ide tersebut muncul.

Sido Muncul pun memilih biji kopi ekstrak arabika dengan kualitas terbaik dengan kadar pahit dan manis yang pas. Kemasannya pun sangat kekinian dengan ciri khas Semarangan.

Upaya itu, kata Irwan, merupakan bukti keseriusan pihaknya dalam menciptakan produk premium yang layak bersaing di pasar global.

"Kopi Tentrem instan 3 ini 1 premium ini merupakan produk lokal pertama di indonesia. Selama ini, produk sejenis berasal dari luar negeri. Bahan-bahanya premium dan bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. Kemudian, desainnya keluar dari kebiasaan orang dalam mendesain (kemasan) kopi. Ini kan desainnya generasi Z anak-anak muda. Ini juga ada Tugu Muda," imbuhnya.

Peluncuran Tentrem White Coffee ini juga turut dihadiri oleh jurnalis senior Fristian Griec dan motivator ternama Merry Riana. Setelah mencicipi kopi tersebut, mereka merasa takjub dengan rasa dan kualitasnya.

"Saya ini setiap hari harus minum kopi dan ini (Tentrem White Coffee) rasanya wow. Kopinya berasa cukup strong, tapi tetap ada rasa manis gula yang pas untuk mengimbanginya," kata Merry.

Setelah peluncuran, Kopi Tentrem akan dijual di hotel, restoran, dan pasar modern dengan harga Rp 6.000 per saset. Sido Muncul pun berencana mengekspor Kopi Tentrem ke luar negeri.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com