Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Reksa Dana Indeks, KISI Asset Management Targetkan Dana Kelolaan Rp 100 Miliar

Kompas.com - 24/11/2023, 11:39 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KISI Asset Management (KISI AM) meluncurkan produk baru berupa reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (24/11/2023).

Produk yang diberi nama Reksa Dana Indeks KISI IDX30 ETF (KISI IDX30 ETF) ditargetkan memiliki kelolaan dana atau asset under management (AUM) hingga Rp 100 miliar.

“Inovasi investasi ini ditargetkan bisa mencapai (kelolaan dana) antara Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar sampai akhir tahun depan (2024),” kata Direktur Utama KISI AM Mustofa di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Reksa Dana Syariah Makin Diminati, Insight IM Gandeng Bank Muamalat Rilis Produk Baru

Mustofa mengatakan, KISI IDX30 ETF telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dicatatkan di BEI dan dapat diperjualbelikan dengan kode perdagangan XKID.

Dia mengatakan, Reksa Dana Indeks KISI IDX30 ETF merupakan ETF dengan acuan Indeks IDX30, yaitu indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

“Indeks ini dirancang untuk memberikan gambaran yang representatif tentang kinerja pasar saham Indonesia secara keseluruhan. Penyertaan saham-saham dalam indeks ini didasarkan pada sejumlah kriteria, seperti kapitalisasi pasar, likuiditas, dan faktor-faktor lain yang relevan,” lanjut dia.

KISI IDX30 ETF ditawarkan kepada masyarakat dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) awal Rp 1.000 atau minimum pembelian Unit Penyertaan melalui Dealer Partisipan (PT Korea Investment and Sekuritas Indonesia) adalah sebesar 1 (satu) Satuan Kreasi.

Baca juga: Tips Memilih Investasi Reksa Dana bagi Anak Muda

Tujuan investasi dari produk KISI IDX30 ETF adalah memberikan alternatif investasi yang efisien dan transparan untuk para pelaku pasar di Indonesia yang diterbitkan oleh BEI melalui investasi sesuai dengan kebijakan investasi.

Kebijakan investasi dari produk ini adalah minimum 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek bersifat ekuitas yang diperdagangkan di BEI serta terdaftar dalam Indeks IDX30 dan maksimum 20 persen dari Nilai Aktiva Bersih pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun atau deposito sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Mustofa berharap kehadiran produk baru bisa mendorong kinerja dana kelolaan perusahaan secara keseluruhan yang ditargetkan menembus Rp 2 triliun di akhir 2023. Dia berharap, peluncuran KISI IDX30 ETF dapat menjadi solusi investasi yang inovatif dan mudah diakses bagi para investor.

Baca juga: Tren Dana Kelolaan Turun 3 Bulan Terakhir, Pasar Reksa Dana Aman?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com